PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV DAN V SDN 06 PALUR MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009

M. HERMAWAN BUDI IRIANTO 06410176-05, (2009) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV DAN V SDN 06 PALUR MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Latar belakang penelitian ini adalah bahwa keberhasilan kelas yang well educated dan well achievement yang sangat tergantung kepada komponen instrument di dalamnya, yaitu guru dan siswa. Peran guru dalam mengelola kelas sehingga tercipta suasana kelas yang kondisif merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi di dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Pengelolaan kelas sangat diperlukan oleh guru dalam rangka penyediaan kondisi yang optimal agar proses belajar mengajar berlangsung efektif. Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Sedangkan prestasi merupakan perubahan tingkah laku yang meliputi kemampuan kognitif dan afektif yang merupakan ukuran keberhasilan siswa. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran guru agama Islam dalam pengelolaan kelas ketika pembelajaran di kelas IV dan V SDN 06 Palur. Bagaimana prestasi belajar PAI yang telah dicapai siswa di kelas IV dan V SDN 06 Palur, dan adakah hubungan yang signifikan antara peran guru dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI kelas IV dan V SDN 06 Palur. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara peran guru agama Islam dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IV dan V SDN 06 Palur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuanttatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode-metode kuesioner, observasi, interview dan dokumentasi. Data terkumpul di uji validitas dan reliabilitasnya, kemudian di analisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1).Rata-rata prestasi hasil belajar siswa dalam Pelajaran Agama Islam sebesar 79,0854 yang terdiri dari rata-rata skore nilai afektif siswa yaitu sebesar 81,0976 dan rata-rata skore nilai kognitif siswa sebesar 77,0732. Sedangkan rata-rata skore peran guru PAI dalam mengelola kelas sebesar 52,44. 2).Dari hasil analisis regresi sederhana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel peran guru PAI dalam mengelola kelas terhadap prestasi hasil belajar siswa dalam Pelajaran Agama Islam yag ditunjukkan oleh angka koefsien korelasi yaitu sebesar 0,183, artinya 18,3% prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh peran guru agama Islam dalam mengelola kelas. Sedangkan sisanya (100%-18,3%=81,7%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain dalam sekolah. 3).Pengaruh antara variabel peran guru PAI dalam mengelola kelas (X) dengan prestasi hasil belajar siswa dalam Pelajaran Agama Islam (Y) tersebut sangat signifikan, ditunjukkan perbandingan ttabel thitung yaitu 2,0231 2,960 berati pengaruh yang diberikan peran guru agama Islam dalam mengelola kelas (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y), secara statistik sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Guru, Agama Islam, Kelas, Prestasi Belajar, Siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3237

Actions (login required)

View Item View Item