ANALISIS PENGEMBANGAN METODE DAN SISTEM EVALUASI MENGHAFAL ALQURAN DI PONPES AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM PUTRI KRAPYAK YOGYAKARTA

LENI KURNIATI, NIM. 14410185 (2018) ANALISIS PENGEMBANGAN METODE DAN SISTEM EVALUASI MENGHAFAL ALQURAN DI PONPES AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM PUTRI KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGEMBANGAN METODE DAN SISTEM EVALUASI MENGHAFAL ALQURAN DI PONPES AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM PUTRI KRAPYAK YOGYAKARTA)
14410185_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGEMBANGAN METODE DAN SISTEM EVALUASI MENGHAFAL ALQURAN DI PONPES AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM PUTRI KRAPYAK YOGYAKARTA)
14410185_BAB II_sampai_SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu lembaga pendidikan yang sampai saat ini masih diperhitungkan keberadaannya yaitu pesantren.adanya pesantren mampu menciptakan sumber daya manusia yang berbudi pekerti baik serta dapat membawa perubahan-perubahan yang berdampak positif bagi kehidupan masyarakat.Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogyakarta merupakan salah satu pondok pesantren yang menitik beratkan Alquran sebagai kajian utamanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan metode dan sistem evaluasi menghafal Alquran di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif , dengan latar Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data diambil dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunkan analisis deskriptif. Keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dan membandingkan berdasarkan pengamatan dan hasil wawancara. Hasil penelitan menunjukkan : (1) pengembangan metode menghafal Alquran didasarkan pada prinsip analysis, design, development, implementation, evaluation. Metode yang digunakan dalam menghafal Alquran diantaranya bin nazhar, tahfidz,talaqqi, takrir, tasmi’ dan makhrijul huruf. (2) perkembangan sistem evaluasi menghafal Alquran diantaranya evaluasi individu, evaluasi berpasangan, evaluasi perminggu evaluasi dua minggu, evaluasi 30 juz. (3) Pengembangan metode dan sistem evaluasi menghafal Alquran di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogyakarta diharapkan bisa mempengaruhi para santri dan menjadi motivasi untuk bisa membaca Alquran dengan baik dan menghafalkannya dengan lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Metode, Sistem Evaluasi, Menghafal Alquran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 16:19
Last Modified: 11 Jan 2019 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum