FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN

ADIB MINARROHMAN, NIM. 14410192 (2018) FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN)
14410192_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN)
14410192_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah sekolah adalah tempat pendidikan yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar menyenangkan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Namun pada kenyataannya di SMP Muhammadiyah Pakem Sleman dalam proses pembelajaran akidah akhlak kelas VII banyak siswa yang mengalami kejenuhan belajar sehingga menghambat proses pembelajaran. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini bagaimana perilaku siswa kelas VII ketika mengalami kejenuhan belajar akidah akhlak, apa saja faktor penyebab kejenuhan belajar dan apa upaya/cara mengatasi kejenuhan siswa kelas VII dalam mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa kelas VII ketika mengalami kejenuhan, mendeskripsikan faktor penyebab kejenuhan belajar dan menganalisis upaya/cara mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VII dalam mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini termasuk dalam field reserch. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif sedangkan pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dengan dua modus, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Pakem ketika mengalami kejenuhan saat pembelajaran akidah akhlak, tidur saat pembelajaran, bercerita dengan teman sebangku, melakukan aktifitas untuk mengalihkan perhatian, usil atau mengganggu teman dan sering ijin keluar. 2) Faktor penyebab kejenuhan belajar siswa berasal dari dua faktor, yaitu a) faktor internal atau faktor dari dalam diri siswa yaitu kelelahan begadang, kelelahan jari-jemari, kurang asupan makanan/gizi serta kelelahan mental yang diakibatkan dari aktivitas kegiatan sekolah yang padat. b) Faktor eksternal atau dari faktor dari luar diri siswa yaitu keadaan keluarga yang broken home dan yatim, perhatian guru tidak menyeluruh, sarana prasarana minim, dan kondisi sosial masyarakat siswa, sehingga menyebabkan siswa mudah jenuh. 3) Cara mengatasi kejenuhan belajar siswa, upaya yang dilakukan guru yaitu dengan menambah penerapan metode aktif, pemberian tugas yang kreatif, perhatian guru menyeluruh pada siswa, menonton video ilustrasi kasus dan pembelajaran dilakukan diluar kelas. Upaya yang dilakukan sekolah, program pengajian dan melakukan pengarahan setiap hari setelah sholat zhuhur. Hasil dari upaya tersebut, nilai ulangan harian siswa kelas VII mengalami kenaikan dan siswa dalam pembelajaran akidah akhlak mengikuti dengan lebih berperan aktif, senang dan antusias. Kata Kunci: Faktor Penyebab, Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Munawwar Khalil, SS, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Faktor Penyebab, Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jan 2019 08:42
Last Modified: 14 Jan 2019 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32378

Actions (login required)

View Item View Item