Al af'al al muta'addiyah bi huruf al jar fi al qissah Adham fi al riwayah Awlad Haratina li Najib Mahfuz (dirasah tahliliyyah dalaliyyah)

Mari'aulfafitriana Binti Mahmudi, NIM. 14110001 (2018) Al af'al al muta'addiyah bi huruf al jar fi al qissah Adham fi al riwayah Awlad Haratina li Najib Mahfuz (dirasah tahliliyyah dalaliyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al af'al al muta'addiyah bi huruf al jar fi al qissah Adham fi al riwayah Awlad Haratina li Najib Mahfuz (dirasah tahliliyyah dalaliyyah))
14110001, PRA BAB, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al af'al al muta'addiyah bi huruf al jar fi al qissah Adham fi al riwayah Awlad Haratina li Najib Mahfuz (dirasah tahliliyyah dalaliyyah))
14110001, BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata (kalimah) dalam tata Bahasa Arab merupakan satuan terkecil bahasa. Kata dapat dikelompokkan menjadi tiga macam : isim, fi’il dan huruf. Fi’il berdasarkan makna nya dibedakan menjadi dua yaitu : fi’il muta’addi (kata kerja transitif) dan fi’il laazim (kata kerja intransitif). Fi’il muta’addi adalah fi’il yang membutuhkan maf’ul bih (objek). Fi’il muta’addi jika dilihat dari segi hubungannya dengan maf’ul bih, ada dua macam, yaitu : fi’il yang membutuhkan maf’ul bih secara langsung (tanpa perantara) atau sering disebut ,الفعل المتعدّى بنفسھ dan fi’il yang membutuhkan maf’ul bih dengan perantaraan lain, yaitu perantaraan harf jarr atau sering disebut الفعل المتعدّى بغیره . Fi’il muta’addi bii ghairi atau lebih dikenal dengan fi’il muta’addi bi harf jarr inilah yang akan dibahas oleh peneliti. Masalah yang akan diteliti : 1) Jumlah struktur fi’il muta’addi bi ghairihi pada cerpen Adham dalam novel Aulad Haratina karya Najib Mahfudz ;2) Huruf jar yang menjadi perantara fi’il muta’addi bi ghairihi pada cerpen Adham dalam novel Aulad Haratina karya Najib Mahfudz ;3) Ada dan tidaknya perubahan makna pada struktur fi’il mua’addi bi ghairihi pada cerpen Adham dalam novel Aulad Haratina karya Najib Mahfudz ? Jika ada, makna baru apa yang muncul?. Fi’il muta’addi bi ghairihi tidak memiliki kaedah yang baku, tidak ada ketentuan dan batasan mengenai muta’addi bi harf jarr serta tidak ada ketentuan mengenai hurf jar apa saja yang menjadi perantara muta’addi nya suatu fi’il. Oleh karena itu, masalah ini mendorong peneliti untuk meneliti tentang fi’il muta’addi bi ghairihi dan perubahan maknanya secara lebih mendalam. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan metode dokumentasi yakni mengumpulkan, mendeskripsikan fakta-fakta baru kemudian disusun dengan analisis. Analisis data nya menggunakan analisis semantik. Adapun hasil penelitian : dalam cerpen ini terdapat 71 fi’il muta’addi bi ghairihi. Huruf jar yang digunakan sebagai perantara fi’il- fi’il tersebut ada tujuh: في و إلى و الباء و عن و من و على و لام . Dari sekian banyak fi’il tersebut, ada yang berubah maknanya dan ada tidak. Yang tidak berubah maknanya نظر + إلى bermakna “memandang”, sedangkan yang berubah maknanya اعتدى + على bermakna “menganiaya”. Kata kunci: Fi’il muta’addi, Cerpen “Aulad Haratina”, Semantik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, MA
Uncontrolled Keywords: Fi’il muta’addi, Cerpen “Aulad Haratina”, Semantik.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:00
Last Modified: 27 Feb 2019 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum