KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN KELAS XII DI MAN WATES I KULON PROGO YOGYAKARTA

Maulana Kholid NIM. 05410149, (2009) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN KELAS XII DI MAN WATES I KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

b ABSTRACT Latar belakang penelitian ini adalah bahwa keberhasilan pendidikan ditentukan beberapa komponen seperti guru, kurikulum, siswa, serta sarana prasarana. Guru merupkan komponen yang sangat menentukan kualitas pendidikan. Untuk itu, guru dituntut mampu memahami peserta didik, merancang pembelajaran, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran, serta mengembangkan potensi peserta didik. Karena guru yang kompeten akan lebih mampu mengelola pembelajaran sehingga belajar siswa berada pada tingkat optimal. Berangkat dari hal tersebut maka kegiatan kompetensi pedagogik apa saja yang dilakukan guru fiqih dalam mengelola pembelajaran kelas XII di MAN Wates I Kulon Progo Yogyakarta. Yang menjadi permasalah penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru fiqih dalam mengelola pembelajaran kelas XII di MAN Wates I Kulon Progo, dan bagaimana upaya guru dalam peningkatan kompetensi pedagogik untuk mengelola pembelajaran kelas XII di MAN Wates I Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang kompetensi pedagogik guru fiqih dalam mengelola pembelajaran kelas XII di MAN Wates I Kulon Progo serta upaya guru dalam peningkatannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai bahan masukan untuk terus meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini merupakan penelitia kualitatif, dengan mengambil latar belakang MAN Wates I Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) kompetensi pedagogik guru fiqih dalam mengelola pembelajaran kelas XII di MAN Wates I Kulon Progo Yogyakarta dilaksanakan dengan menganalisis karakteristik siswa. Hasil analisis dijabarkan dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangkan potensi siswa sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minatnya. Kegiatan kompetensi pedagogik guru fiqih dalam mengelola pembelajaran meliputi memahami peserta didik, merancang pembelajaran, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran, serta mengembangkan potensi peserta. 2) Upaya guru fiqih kelas XII dalam peningkatan kompetensi pedagogik dikembangkan dalam kegiatan peningkatan kemampuan memahami siswa yang dilakukan melalui diskusi dengan guru lain dan adanya inisiatif membaca buku. Peningkatan kemampuan dalam perancangan pembelajaran dilakukan dengan mengikuti penataran dan melibatkan diri secara aktif dalam penyusunan program dan kurikulum madrasah. Peningkatan kemampuan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dilakukan dengan at home, mengikuti MGMP, dan melanjutkan jenjang pendidikan. Peningkatan kemampuan pengembangkan potensi siswa dilakukan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan seperti workshop dan seminar. Upaya madrasah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru mata pelajarn fiqih kelas XII dalam mengelola pembelajaran dilakukan dengan penyediaan alokasi dana khusus, supervisi, in house student, serta pemberian buku pegangan bagi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik, Guru, Fiqih, Pembelajaran
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item