Al insha' al talabiy fi rasail 'ala ibn Abi Talib fi nahj al balaghah (dirasah tahliliyyah balaghiyyah)

Lukman Fajariyah, NIM. 14110061 (2018) Al insha' al talabiy fi rasail 'ala ibn Abi Talib fi nahj al balaghah (dirasah tahliliyyah balaghiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al insha' al talabiy fi rasail 'ala ibn Abi Talib fi nahj al balaghah (dirasah tahliliyyah balaghiyyah))
14110061_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Al insha' al talabiy fi rasail 'ala ibn Abi Talib fi nahj al balaghah (dirasah tahliliyyah balaghiyyah))
14110061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kitab Nahj Al Balaghah adalah kitab yang didalamnya terhimpun khutbah-khutbah (khutob), surat-surat (rasail) dan kata-kata hikmah (hikam) Ali bin Abi Thalib. Surat-surat (rasail) Ali bin Abi Thalib merupakan hal yang menakjubkan tentang kefasihan dan retorika, bahkan Syaikh Muhammad Abduh mengatakan “Tidak seorangpun pakar bahasa Arab kecuali ia menyatakan bahwa ucapan-ucapan Ali a.s adalah yang paling mulia, paling fasih, paling padat isinya dan paling meliputi makna-makna agung dalam kandungannya. Tentunya, setelah firman Allah dan sabda nabi-Nya”. Sehingga untuk memahaminya, perlu didukung oleh ilmu bahasa Arab, salah satu kaidah ilmu bahasa Arab adalah ‘ilm al balaghah yang terbagi menjadi tiga yaitu ‘ilm al ma’ani, ‘ilm al bayan dan ‘ilm al badi’. ‘Ilm al balaghah mengungkap makna yang jelas dan indah dengan ungkapan yang fasih, benar dan sesusai dengan situasi dan kondisi (muqtadhal hal). ‘Ilm al balaghah memberikan pengaruh berkesan di hati kepada orang yang diajak berbicara, sehingga ‘ilm al balaghah merupakan suatu disiplin ilmu yang berlandaskan pada ketelitian dan pemahaman untuk menangkap pesan tuturan, kejelasan uslub dan keindahan makna. Adapun dalam kajian ini, penulis menggunakan ‘ilm al ma’ani sebagai alat penelitian dengan menggunakan pendekatan Al insya’ At thalabi. Judul penelitian ini adalah Al Insya At Thalabi fi Rasail ‘Ali bin Abi Thalib fi Nahj Al Balaghah (Dirasah Tahliliyah Balaghiyah). Adapun objek penelitian ini adalah surat-surat Ali bin Abi Thalib dalam kitab Nahj Al Balaghah, karena dalam surat-surat tersebut terdapat beberapa kata yang mengandung uslub al insya’ at thalabi baik itu berupa arti amr, nahy, istifham, tamanny dan nida’. Kitab Nahj Al Balaghah dihimpun oleh Syarif Radhi Muhammad bin Abi Ahmad Husain bin Musa Asy Syi’i. Kitab ini sangat masyhur dikalangan umat Syiah, didalam kitab tersebut terdapat 79 surat (risalah) Ali bin Abi Thalib yang berisi tentang surat-surat perintah, wasiat dan lain sebagainya. Pada penelitian ini, penulis membahas tentang al insya’ at thalabi dan mengklasifikan berdasarkan bentuk (sighah) atau jenis-jenis makna (ma’na) yang terdapat dalam surat-surat Ali bin Abi Thalib dalam kitab Nahj Al Balaghah. Kata kunci : ‘Ilm Al Ma’ani, , Sighah Al insya’ At thalabi, Ma’na Al insya’ At thalabi, Aqsam Al insya’ At thalabi, Rasail ‘Ali bin Abi Thalib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini, MA
Uncontrolled Keywords: ‘Ilm Al Ma’ani, , Sighah Al insya’ At thalabi, Ma’na Al insya’ At thalabi, Aqsam Al insya’ At thalabi, Rasail ‘Ali bin Abi Thalib.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:58
Last Modified: 27 Feb 2019 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum