Shakhsiyyah Khadijah fi al qissah al qasirah ra'ay al ghanam li Taha Husayn (dirasah tahliliyyah psikologiyyah li Gordon W. Allport)

Leni Maesaroh, NIM. 11110127 (2018) Shakhsiyyah Khadijah fi al qissah al qasirah ra'ay al ghanam li Taha Husayn (dirasah tahliliyyah psikologiyyah li Gordon W. Allport). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Shakhsiyyah Khadijah fi al qissah al qasirah ra'ay al ghanam li Taha Husayn (dirasah tahliliyyah psikologiyyah li Gordon W. Allport))
11110127_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Shakhsiyyah Khadijah fi al qissah al qasirah ra'ay al ghanam li Taha Husayn (dirasah tahliliyyah psikologiyyah li Gordon W. Allport))
11110127_BAB_-II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Cerpen “Ra’i Al Ganam” merupakan karya sastra Taha Husain yang menceritakan kehidupan Khadijah al-kubro dengan Muhammad SAW. Khadijah adalah perempuan paruh baya yang kaya raya, terhormat dan berpengaruh jatuh hati pada Muhammad seorang yatim piatu yang bekerja sebagai pengembala kambing dan terpaut dua puluh tahun dari usia Khadijah. Bahkan Khadijah terlebih dahulu melamar Muhammad sebagi suaminya. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan teori analisis Gordon W. Allport, yaitu “trait psychology” yang menekankan pada sifat (trait), sikap (attitude) dan intensi (intention). Metode ini juga menganggap bahwa kodrat manusia adalah positif, penuh harapan serta mengembangkan potensi diri. Adapun analisi yang digunakan adalah teori psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang objektif tentang kepribadian Khadijah sebagai tokoh utama dalam cerpen “Ra’i Al Ganam” karya Taha Husain yang meliputi: (a). Sifat-sifat kepribadian apa saja yang muncul pada Khadijah dalam cerpen “Ra’i Al Ganam” karya Taha Husain, (b). Mengapa sifat-sifat itu muncul pada tokoh Khadijah dalam cerpen “Ra’i Al- Ganam” karya Taha Husain. Dari penelitian yang dilakukan, penelitian ini telah menunjukan citra yang positif. Tokoh Utama (Khadijah) dalam cerpen ini mendapatkan banyak pengalaman karna ia mau membuka dirinya dengan orang lain. Selain itu ia memiliki rasa empati yang tinggi sehingga membuat dirinya tidak akan tahan jika melihat orang lain berada dalam kesusahan. Keamanan emosional yang ia miliki mampu membuatnya sadar akan kekurangannya, namun ia pula memiliki pemahaman yang baik sehingga ia dapat menentukan pilihan yang baik untuk dirinya. Selain itu, Khadijah adalah seorang pengusaha sukses yang realistis sehingga menjadikannya seorang pengusaha perempuan yang masyhur. Dalam cerpen ini tokoh Khadijah memiliki kepribadian yang sehat, matang dan optimis. Kata Kunci: Psikologi, Trait Psychologi, karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Psikologi, Trait Psychologi, karakter
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2019 00:59
Last Modified: 27 Feb 2019 00:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32401

Actions (login required)

View Item View Item