QUR'ANIC PARENTING PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI

Mustaqim, Abdul (2016) QUR'ANIC PARENTING PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI. In: PENGARUSUTAMAAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM KURIKULUM DAN KEILMUAN PRODI PGMI-PGRA PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA. Bunga Rampai, Vol. 1 (No. 1). Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pp. 139-156. ISBN 978-602-72084-7-6

[img]
Preview
Image
Sampul pengarusutamaan paradigma integrasi-interkoneksi.jpg - Cover Image

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (QUR'ANIC PARENTING PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI)
ABDUL MUSTAQIM - PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI QUR'ANIC PARENTING.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Artikel sederhana ini mencoba untuk menelisik model pola asuh (parentin~ terhadap anak menurut pandangan al-Qur'an. Istilah parenting didefinisikan sebagai the raising of children and all the responsibilities and activities that are involved in it. • Artinya, aktivitas membesarkan anak dan seluruh tanggung jawab serta aktifitas/kegiatan yang terlibat di dalamnya. Untuk itu, setidaknya ada tiga persoalan yang akan dikemukakan dalam artikel ini. Pertama, bagaimana pandangan dasar (pandangan ontologis) al-Qur'an tentang anak. Kedua, apa saja hak-hak anak, dan Ketiga, bagaimana model pola asuh yang ditawarkan oleh al-Qur'an. Adapun metode pendekatan yang penulis tempuh adalah metode tafsir tematik-kontekstual dengan paradigma integrasi-interkoneksi. Inti paradigma integrasi-interkoneksi adalah bahwa antar berbagai bidang keilmuan sebenarnya saling memiliki keterkaitan. Oleh karena itu, rasa superior, eksklusifitas, pemilahan secara dikotomis terhadap bidang-bidang keilmuan yang dimaksud hanya akan merugikan diri sendiri, baik secara psikologis maupun secara ilmiah akademis. Dalam konteks riser, paradigma integrasi-interkoneksi adalah sebuah cara berpikir dalam melakukan riset, meniscayakan pentingnya keterlibatan pendekatan ilmu-ilmu lain, seperti filsafat, sosiologi, antropologi, hermeneutik, psikologi sejarah dan sebagainya, ketika mengelaborasi dan menganalisa, bahkan ketika mengkritisi problem-problem riset, sehingga kesimpulan-kesimpulan yang ditemukan lebih komprehensif dan intersubjektif, utuh dan bukan parsial dan reduktif.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: PENGARUSUTAMAAN, PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI, KURIKULUM , PGMI-PGRA
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jan 2019 11:53
Last Modified: 15 Jan 2019 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum