Fi'l al kalam al tawjihiy fi masrihiyyah ashwak al salam li Tawfiq al Hakim (dirasah tahliliyyah tadawuliyyah)

M. Sihabudin, NIM. 14110085 (2018) Fi'l al kalam al tawjihiy fi masrihiyyah ashwak al salam li Tawfiq al Hakim (dirasah tahliliyyah tadawuliyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Fi'l al kalam al tawjihiy fi masrihiyyah ashwak al salam li Tawfiq al Hakim (dirasah tahliliyyah tadawuliyyah))
14110085_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Fi'l al kalam al tawjihiy fi masrihiyyah ashwak al salam li Tawfiq al Hakim (dirasah tahliliyyah tadawuliyyah))
14110085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh drama Asywak As-Salam karya Taufiq Al-Hakim sebagai salah satu drama yang menarik. Dalam drama tersebut terdapat berbagai macam tindak tutur yang mengandung fungsi yang beragam untuk menyampaikan maksud atau gagasan yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui dialog-dialog para tokoh yang ada di dalamnya. Sehingga memerlukan teori yang secara spesifik mempelajari tentang hal tersebut, agar pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang dapat sampai pada pembaca atau pendengar secara sempurna. Penelitian ini menggunakan teori tindak tutur direktif yang dikemukakan oleh Searle untuk menganalisis dialog-dialog yang terdapat dalam drama tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka. Adapun metode analisisnya melalui dua tahap. Pertama, menganalisis fungsi-fungsi tindak tutur direktif yang ada dalam drama Asywak As-Salam. Kedua, menganalisis jenis-jenis tindak tutur direktif dalam drama Asywak As-Salam. Hasil dari penelitian ini adalah pengklasiftkasian fungsi tindak tutur direktif dalam drama Asywak As-Salam berkaitan dengan kedudukan atau derajat partisipan, intonasi tuturan, pemilihan kata, dan konteks tuturan. Dalam drama tersebut juga terdapat banyak jenis tindak tutur direktif tidak langsung yang menggunakan fungsi tuturan deklaratif namun digunakan untuk fungsi yang lain seperti pertanyaan, perintah, permintaan dan sebagainya Selain itu, tujuan penggunaan tindak tutur direktif dalam drama tersebut dimaksudkan agar pembaca maupun pendengar tidak hanya memahami sebuah tuturan hanya dari susunan gramatikalnya saja, namun juga mempertimbangkan konteks tuturan yang ada di dalamnya. Kata Kunci : Drama, Tindak Tutur, Tindak Tutur Direktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H.Moh. Pribadi, MA., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Drama, Tindak Tutur, Tindak Tutur Direktif.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:59
Last Modified: 27 Feb 2019 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum