PENDIDIKAN AKHLAK ANAK PRASEKOLAH DI LINGKUNGAN KELUARGA PENGURUS DAERAH SALIMAH PURWOREJO

MUFIDATUL HASANAH NIM: 04410719, (2009) PENDIDIKAN AKHLAK ANAK PRASEKOLAH DI LINGKUNGAN KELUARGA PENGURUS DAERAH SALIMAH PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Latar belakang penelitian ini adalah adanya era emansipasi wanita dan adanya tuntutan bagi wanita untuk ikut andil dalam kegiatan-kegiatan di sektor publik. Menggeneralisasi Pengurus Daerah Salimah Purworejo rata-rata dari mereka tidak hanya berkutat dalam ranah domestik, mereka pun aktif di ranah publik. Dengan berkecimpungnya mereka di ranah publik mengakibatkan ter minimalisirnya saat-saat bersama dengan anak. Peran ibu sebagai madrasatul ula menjadi suatu kehati-hatian yang harus dijaga. Pendidikan akhlak bagi anak tidak bisa diabaikan mengingat perkembangan zaman yang kian mengglobal. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah pendidikan akhlak anak prasekolah d lingkungan keluarga Pengurus Daerah Salimah Purworejo, dan apa sajakah yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pendidikan akhlak anak prasekolah di lingkungan keluarga Pengurus Daerah Salimah Purworejo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang bagaimana realisasi dari pelaksanaan pendidikan akhlak anak prasekolah di lingkungan keluarga Pengurus Daerah Salimah Purworejo serta apa sajakah yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pendidikan akhlak anak prasekolah di lingkungan keluarga Pengurus Daerah Salimah Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis dengan mengambil latar Pengurus Daerah Salimah Purworejo yang mempunyai anak usia prasekolah, yaitu enam orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis induktif, yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus kemudian dari fakta-fakta itu ditarik kesimpulan. Pemeriksan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan akhlak anak prasekolah di lingkungan keluarga Pengurus Daerah Salimah Purworejo telah terindikasi terlaksana dengan baik. Materi yang diajarkan meliputi akhlak kepada Allah, Akhlak kepada orang tua, akhlak kepada saudara, dan akhlak kepada teman. Metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak anak prasekolah adalah metode cerita, contoh, pembiasaan, pemahaman, dan study kasus. 2) Faktor penghambat pendidikan akhlak anak prasekolah adalah karakter ibu yang dominan dan mengejar target, keluarga yang tidak memiliki kesamaan visi misi dalam mendidik anak, suami sebagai patner dalam mendidik anak yang berada di luar kota, teman sepermainan, lingkungan masyarakat, dan televisi. Adapun faktor pendukung dalam pendidikan akhlak berupa adanya kerjasama antara kedua orang tua (ayah dan ibu) dalam mendidik anak, semakin mudahnya memperoleh media pendidikan, dan adanya program tidak ada televisi dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Anak Pra Sekolah, Keluarga, Pengurus Daerah, Salimah
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum