PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013

FATONAH, Siti (2017) PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013. Buku, - (-). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. ISBN 978-602-61513-1-5

[img]
Preview
Image
SAMPUL - FATHONAH - PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK.jpg - Cover Image

Download (143kB) | Preview
[img] Archive (PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK KURIKULUM 2013)
FATHONAH_PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK (2).pdf - Other
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Berkaitan dengan diberlakukannya Kurikulum 2013, adalah mengubah paradigma Pembelajaran MI/SD dari pengajaran yang berpusat kepada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan siswa mengkontruk sendiri pengetahuannya. Paradigma ini menuntut mahasiswa calon guru dan guru agar lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran dan asesmen otentik, sehingga memungkinkan siswa berekspresi melalui kegiatan-kegiatan nyata yang menyenangkan dan mampu mengembangkan potensi siswa secara optimal. Dalam konteks yang demikian buku ini diharapkan dapat melengkapi wacana mahasiswa calon guru dan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang benar-benar berpusat pada siswa, serta melaksanakan asesmen otentik dalam pembelajaran yang dilaksanakannya. Mengingat Standar kompetensi lulusan dalam kurikulum 2013, guru harus mengembangkan kompetensi inti dan kompetensi dasar menjadi indicator yang oprasional dan kreatif sehingga pengalaman belajar siswa menjadi bermakna. Penyusunan buku yang diberi judul Pengembangan Asesmen Otentik Kurikulum 2013 ini diharapkan dapat membekali calon guru dan guru dalam memahami kurikulum 2013, dan dapat menerapkannya secara langsung dalam pembelajaran. Dengan menerapkan pembelajaran yang menekankan pengalaman yang bermakna dalam diri siswa, maka iklim pembelajaran diharapkan akan lebih bervariasi dan menyenangkan, dan juga menjadi motivasi bagi calon guru dan guru untuk senantiasa mengembangkan proses pembelajaran yang menarik dengan selalu memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif baik dalam aspek sikap, ketrampilan maupun pengetahuan

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Asesmen, otentik, kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jan 2019 10:37
Last Modified: 16 Jan 2019 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32446

Actions (login required)

View Item View Item