KONTEKSTUALISASI HADIS dalam PENDIDIKAN KARAKTER II

Marhumah, Ema (2019) KONTEKSTUALISASI HADIS dalam PENDIDIKAN KARAKTER II. Buku, - (-). Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-53025-7-2

[img]
Preview
Image
SAMPUL - Marhumah - KONTEKSTUALISASI HADIS.jpg - Cover Image

Download (271kB) | Preview
[img] Archive (KONTEKSTUALISASI HADIS dalam PENDIDIKAN KARAKTER II)
Marhumah - KONTEKSTUALISASI HADIS.pdf - Other
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan karakter memang sangat diperlukan, apalagi mengingat kondisi pendidikan di Indonesia saat ini. Akhirakhir ini kita dikagetkan dengan pemberitaan di berbagai media tentang kasus kriminial yang ironisnya terjadi di dunia pendidikan. Misalnya saja kasus di Madura yang melibatkan seorang siswa yang tega membunuh gurunya sendiri. Terdapat pula kasus-kasus lainnya yang berbau asusila, seperti siswi SMA yang melahirkan di WC sekolah. Ini hanyalah beberapa contoh kasus yang terjadi di lembaga pendidikan. Belum lagi kasus kriminal yang terjadi di masyarakat. Jadi, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Indonesia sedang mengalami darurat moral. Ketika pendidikan hanya fokus pada transfer of knowledge, dan mengabaikan transfer of values, maka pendidikan tersebut bukan lah pendidikan yang sebenarnya. Walhasil, lulusannya hanya bagaikan robot, pintar tapi tidak cerdas. Cakap tapi tidak bermoral. Pendidikan yang sebenarnya adalah pendidikan yang “memanusiakan manusia”. Pendidikan yang selain mencerdaskan lulusannya, tetapi juga membangun karakter mulia pada diri lulusannya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jan 2019 10:45
Last Modified: 16 Jan 2019 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32447

Actions (login required)

View Item View Item