PROBLEMA PSIKOLOGIS DALAM BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VIII B MTsN GIRILOYO BANTUL

MUSLIKAH NIM: 05420049, (2009) PROBLEMA PSIKOLOGIS DALAM BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VIII B MTsN GIRILOYO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problema psikologis dalam belajar bahasa Arab bagi siswa kelas VIII B dan solusi untuk menghadapi problema trsebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak sekolah pada umumnya, dan khususnya kepada guru bahasa Arab. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini adalah deskriptik analitik, untuk memecahkan problema psikologis bagi siswa kelas VIII B MTsN Giriloyo penulis mengumpulkan data dengan cara, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh bersumber dari kepala sekolah, wakamad bidang kesiswaan, guru bahasa Arab, siswa dan karyawan lainya yang dianggap paham dan mengetahui problema tersebut, selain itu juga dari data yang berupa dokumen-dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yang menjadi problema psikologis siswa kelas VIII b MTsN giriloyo dalam belajar bahasa Arab adalah tidak adanya minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Solusi terhadap problematika tersebut adalah mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan kebahasaan, seperti lomba pidato berbahasa Arab, menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, serta menambah media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Psikologis, Belajar, Bahasa Arab,
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3246

Actions (login required)

View Item View Item