PERANAN LAYANAN BIMBINGAN DANY KONSELING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA (Studi Kasus Mata Pelajaran Tarikh)

MUTMAINAH SETIANINGSIH NIM. 05470042, (2009) PERANAN LAYANAN BIMBINGAN DANY KONSELING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA (Studi Kasus Mata Pelajaran Tarikh). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Pendidikan memiliki peranan dalam mengembangkan potensi siswa secara optimal. Adanya berbagai permasalahan yang dihadapi siswa baik secara akademis, psikologis dan sosial merupakan hal yang melatarbelakangi perlunya layanan bimbingan konseling di sekolah. Melalui layanan bimbingan konseling, diharapkan siswa dapat mengembangkan bakat, motivasi dan prestasi belajar di sekolah. Dengan adanya motivasi untuk belajar maka siswa akan lebih semangat dalam belajarnya. Berkaitan dengan obyek penelitian pada skripsi ini, penulis melihat bahwa motivasi belajar tarikh di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta masih kurang. Hal tersebut salah satunya dapat dilihat pada kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran Tarikh itu sendiri. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui motivasi belajar Tarikh di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (2) untuk mengetahui peranan layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar Tarikh di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara terpimpin atau bebas terarah, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu pertama analisis data kualitatif menggunakan pola berfikir induktif dan pola berfikir deduktif. Kedua yaitu analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus P=f/N X 100% Hasil penelitian menunjukan: (1). Motivasi belajar Tarikh di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta kelas XI IPS termasuk dalam kategori kurang. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ada dua yaitu: faktor internal (faktor dari dalam) yaitu faktor psikologis dan faktor kelelahan. Faktor psikologis meliputi: sikap siswa, minat siswa dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran tarikh. Faktor eksternal (faktor dari luar) faktor ini meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat. (2). Peranan layanan BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan cara memberikan layanan bimbingan klasikal mengenai masalah belajar, pelayanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling individu dan kelompok, bimbingan teman sebaya, layanan mediasi, pelayanan pengambilan data yang berhubungan dengan masalah dan hasil belajar siswa, mengadakan kerjasama dengan guru bidang studi dan wali kelas, kerjasama dengan orang tua siswa, konferensi kasus dan kunjungan rumah. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah adanya materi bimbingan, fasilitas sekolah dan koordinasi dengan orang tua. Faktor penghambatnya adalah lingkungan luar sekolah, banyaknya siswa dan latar belakang siswa yang beragam dan kurangnya jam BK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi
Uncontrolled Keywords: Layanan, Bimbingan, Konseling, Motivasi, Belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3247

Actions (login required)

View Item View Item