IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS MENGHITUNG (CALISTUNG) MELALUI BERMAIN DI KELAS B RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN, MAGELANG

AHMAD MISBAH MUZAKKY, NIM. 13430046 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS MENGHITUNG (CALISTUNG) MELALUI BERMAIN DI KELAS B RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS MENGHITUNG (CALISTUNG) MELALUI BERMAIN DI KELAS B RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN, MAGELANG)
13430046_BAB-I_V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS MENGHITUNG (CALISTUNG) MELALUI BERMAIN DI KELAS B RA MUSLIMAT NU CONGKRANG 2 MUNTILAN, MAGELANG)
13430046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (611kB)

Abstract

Pembelajaran Calistung anak usia dini menimbulkan banyak pro kontra di masyarakat karena dianggap menekan anak dalam pemaksaan belajar sehingga berdampak buruk pada mental anak.. Beberapa media sosial maupun media media massa juga banyak yang menyebarkan isu-isu terkait dengan tidak diperolehkannya pembelajaran calistung diterapkan pada anak usia dini karena dapat berdampak buruk pada mental anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan tema mengenai pembelajaran calistung melalui bermain yang dilaksanakan di RA Muslimat NU 2 Congkrang yang berada di Muntilan Magelang.. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai bentuk pengambilan data. Analisis data dalam penelitian ini, kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian di lapangan tentang pembeajaran calistung anak usia dini melalui bermain menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran membaca (bermain seorang diri terdapat bebrapa kegiatan bermain yaitu bermain balok huruf, bermain puzzle dan bermain plastisin, bermain pararel yaitu meliputi bermain kumpul kata dan bermain pasang huruf, dan bermain kooperatif yaitu bermain susun kata), pembelajaran menulis (Adapun bermain pararel yaitu kegiatan bermain balok huruf, sedangkan bermain kooperatif meliputi bermain transaksi bank) dan pembelajaran berhitung (bermain pararel yaitu bermain manik-manik warna, bermain asosiatif yaitu bermain pasaran dan bermain kooperatif yaitu bermain susun balok angka dan bermain pasar rakyat) (2) dampak positif pembelajaran membaca (kemampuan anak yang dapat memahami kalimat sederhana, perintah atau himbauan.), pembelajaran menulis (minimal anak mampu menulis namanya sendiri dengan ejaan yang benar ) dan pembelajaran berhitung (anak paham dengan nama, urutan dan konsep angka satu sampai dua puluh). Adapun dampak negative dari pembelajaran calstung pada anak usia dini tidak ada menurut hasil penelitian di lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Calistung, Anak Usia Dini, Bermain
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Jan 2019 02:41
Last Modified: 17 Jan 2019 02:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32475

Actions (login required)

View Item View Item