MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta)

Nafiatul Lailiyah NIM. 05470048, (2009) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Latar belakang masalah ini adalah Madrasah Aliyah Nurul Ummah yang biasanya disebut MANU yang berdiri pada tahun 2001, sudah bisa menunjukan kualitas yang unggul, baik itu kualitas dalam bidang akdemik maupun nonakademik, ini terbukti dengan berhasilnya MANU meluluskan 100% selama lima kali kelulusan selain itu juga banyak sekali prestasi non-akademik yang diraihnya. Padahal tidak semua guru yang ada di MANU berasal dari lulusan bidang pendidikan, selain itu sarana-prasarana, dan media pembelajaran yang ada belum maksimal dan siswa MANU yang selain disibukan dengan kegiatan sekolah juga disibukan dengan kegiatan di pesantren karena semua siswa MANU wajib bertempat tinggal di PP.Nurul Ummah kecuali siswa daerah Prenggan Kotagede. Oleh karena itu penulis tergugah untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan Manu seta konsep manjemen apa yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam. Penelitian bersifat kualitatif dengan mengambil latar MA.Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode trianggulasi dengan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukan: (1) Madrasah Aliyah Nurul Ummah melaksanakan berbagai macam usaha yang dimulai dengan penyusunan program kemudian pengembangan SDM baik itu sumber daya guru, siswa dan karyawan. Selain itu juga usaha dalam pengembangan kurikulum, sarana-prasarana, menjalin hubungan dengan masyarakat serta peningkatan kedisiplinan. (2) MANU dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam menggunakan konsep manajemen berbasis sekolah, karena berdasarkan indikator yang ada pada konsep manajemen berbasis sekolah, selain itu karena manajemen berbasis sekolah dalam pengelolaan pendidikannya lebih menekankan kepada kemandirian dan kreatifitas sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Mutu, Pendidikan, Islam
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item