IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

JUMROTUL AKROMAH, NIM. 14430065 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14430065_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK A DI TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14430065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak diusianya anak usia dini masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dengan bawaan sifat peserta didik yang masih egosentris dan dalam melakukan tindakan masih dalam tuntutan orang dewasa dan pendidik. Dewasa ini anak pada usai 4-5 tahun dalam merumuskan gagsan berfikir secara logis dan berfikir memecahkan masalah masih dalam taraf ingin tahu lebih mengenai kegiatan pembelajaran. Adanya strategi proses pembelajaran pendekatan saintifik menjadi angin segar dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Meskipun dalam proses yang masih banyak ditemukan beberapa teknik pengajaran pendidik yang masih menumpang dalam kurikulum sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi implementasi pendekatan saintifik dalam megembangkan kognitif anak dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung adanya penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.Jenis penelitian ini mengguakan penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitan TK Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentas. Sedangkan validitas data yang diperoleh melalui Triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendektan sanitifk dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK nurul Ummah sudah berjalan dengan baik, ditunjukkan dengan proses pembelajaran yang sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran, pesera didik yang aktif bertanya, pengaadaaan mediaa yang kreatif dan hasil karya yang terselesaikan dengan baik oleh peserta didik. Faktor pengambat dan pendukung yaitu faktor pendukung; 1) kepala sekolah yang antusias baikanya dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas sekolahan , 2) Pendidik yang berkompeten dalam menyampaikan proses pembelajaran pendektan saintifik, 3) Peserta didik yang aktif bertanya, 4) Sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambat; 1)Bahan media yang sulit deedapatkan, 2) waktu pembelajaran yang kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lailatu Rohmah, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Kognitif
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Jan 2019 02:09
Last Modified: 18 Jan 2019 02:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item View Item