UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KEBERANIAN MELALUI KEGIATAN OUTBOUND PADA KELOMPOK A1 DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGADEPOK CATUR TUNGGAL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

MUHAMMAD ABDUL LATIF, NIM. 14430097 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KEBERANIAN MELALUI KEGIATAN OUTBOUND PADA KELOMPOK A1 DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGADEPOK CATUR TUNGGAL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KEBERANIAN MELALUI KEGIATAN OUTBOUND PADA KELOMPOK A1 DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGADEPOK CATUR TUNGGAL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14430097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KEBERANIAN MELALUI KEGIATAN OUTBOUND PADA KELOMPOK A1 DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGADEPOK CATUR TUNGGAL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14430097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan kerjasama dan keberanian pada kelompok A1 RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta masih rendah sehingga diperlukan kegiatan untuk memberikan stimulus anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan keberanian anak melalui kegiatan outbound pada kelompok A1 RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan subjek sejumlah 16 anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) model Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan kerjasama anak sebelum tindakan sebesar 6,25% atau satu anak dari jumlah anak dengan minimal kategori berkembang sesuai harapan (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik). (2)Kemampuan keberanian anak sebelum tindakan sebesar 0% atau belum ada anak yang mencapai dengan minimal kategori berkembang sesuia harapan (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik). (3)Penerapkan kegiatan outbound pada kelompok A1 di RA DWP UIN Sunan Kalijaga terbukti dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan keberanian anak. Pelaksanaan kegitan outbound berhasil meningkat dimana pada siklus I mencapai kategori rendah, meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi kategori sangat tinggi. (4)Setelah diterapkannya kegiatan outbound, terjadi peningkatan kemampuan kerjasama dan keberanian anak, (a)kemampuan kerjasama anak pada siklus I meningkat sebesar 6,25% minimal kategori berkembang sesuai harapan (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik) dari jumlah anak dan meningkat sebesar 62.5% menjadi 68,75% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,25% menjadi 75% dari jumlah anak. Selanjutnya, pada siklus ketiga meningkat sebesar 18,75% sehingga menjadi 93,75% dari jumlah anak.(b)Kemampuan keberanian anak mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 12,5% minimal kategori berkembang sesuai harapan (kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan) dari jumlah anak. Pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 62,5% menjadi 75% dari jumlah anak, dan pada siklus III mengalami kenaikan sebesar 18,75% menjadi 93,75% dari jumlah anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hafidh Aziz, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kerjasama dan Keberanian, Kegiatan Outbound
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Jan 2019 04:05
Last Modified: 18 Jan 2019 04:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32534

Actions (login required)

View Item View Item