PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL VCD PLAYER UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENGHAFAL HADIST NABI SAW PADA KELOMPOK B DI BA AISYIYAH SALAM 1 MAGELANG

SITI MUNJARIYAH, NIM. 14436029 (2018) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL VCD PLAYER UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENGHAFAL HADIST NABI SAW PADA KELOMPOK B DI BA AISYIYAH SALAM 1 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL VCD PLAYER UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENGHAFAL HADIST NABI SAW PADA KELOMPOK B DI BA AISYIYAH SALAM 1 MAGELANG)
14436029_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL VCD PLAYER UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENGHAFAL HADIST NABI SAW PADA KELOMPOK B DI BA AISYIYAH SALAM 1 MAGELANG)
14436029_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya minat menghafal hadits nabi di BA Aisyiyah Salam 1 Salam. Peneliti mengambil judul ini adalah karena menghadapi masalah tentang pembelajaran motorik halus pada peserta didik di BA Aisyiyah Salam 1 Salam, kemampuan menghafal akan semakin meningkat jika guru memberikan fasilitas, perhatian dan dorongan kepada peserta didik di BA Aisyiyah Salam 1 Salam, peserta didik kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran pada aspek menghafal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual VCD player dalam meningkatkan minat menghafal hadit nabi Saw pada peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual VCD player sangat efektif untuk meningkatkan minat menghafal hadit nabi pada kelompok B di BA Aisyiyah Salam 1 Salam, hal tersebut terbukti dari adanya: 1) Minat siswa dalam menghafal hadits nabi SAW sebelum menggunakan media pembelajaran audio VCD player di BA „Aisyiyah Salam 1 sangat rendah. 2) Dalam penggunaan media ada beberapa peralatan pokok yang Harus dipersiapkan yaitu : mikrofon, alat perekam (recorder ), alat pemutar hasil rekaman ( player), alat penyampur sumber suara (mixer) dan beberapa fasilitas lainnya yang diperlukan. 3) Setelah peneliti menggunakan media audio VCD player minat menghalaf hadir nabi SAW siswa kelompok B di BA „Aisyiyah Salam terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Peningkatan minat menghafal hadits nabi SAW dari hasil observasi pada pra tindakan awal dari 17 peserta didik yang sudah mampu menghafal berjumlah 8 peserta didik, pada siklus I minat menghafal hadits nabi SAW peserta didik menjadi 53,80% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,6% Dengan demikian secara keseluruhan minat peserta didik mengalami peningkatan 41,18% Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Minat, Menghafal,
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Jan 2019 04:23
Last Modified: 18 Jan 2019 04:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32537

Actions (login required)

View Item View Item