MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN BABADAN BARU SLEMAN YOGYAKARTA

WAHYU PUJIATI NIM. 05470001, (2009) MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN BABADAN BARU SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama: motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran fiqih, Kedua: pelaksanaan pengajaran fiqih, dan ketiga: upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Babadan Baru Sleman Yogyakarta Jl. Kaliurang KM 8,5.Yogyakarta. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas VIII. Penulis mendapatkan berbagai sumber untuk mendapatkan gambaran mengenai motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN Babadan Baru dalam pelajaran fiqih, dan dari hasil yang di dapat dari penelitian maka motivasi belajar siswa pada palajaran fiqih yaitu sedang-sedang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Babadan Baru 2008/2009 yang berjumlah 158 siswa. Sampel penelitian 32 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel cluster random sampling. Data motivasi belajar dan bimbingan belajar dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan permainan yaitu acak nama dan diambil 32 siswa untuk diwawancarai dan mengerjakan angket. Data dianalisis dengan Analisis data dengan langkah untuk memberikan interpretasi dan arti bagi data yang telah dikumpulkan (data mentah), sehingga dapat digunakan untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diajukan dalam penelitian. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data. Penelitian ini adalah bersifat kualitatif akan tetapi penulis peroleh dua macam data yaitu bersifat kualitatif dan data yang bersifat kuantitatif. Hasil analisis data Motivasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran fiqih di MTsN Babadab Baru dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dominan yang dapat mendukung dan menghambat motivasi belajar siswa dapat dikemukakan sebagai berikut: 1. Motivasi belajar siswa baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik dalam proses pembelajaran fiqih,dalam kategori yang sedang. Motivasi berarti keinginan atau dorongan untuk belajar. Jadi keinginan,dorongan belajar serta kesadaran belajar siswa kelas VIII dalam mata peljaran fiqih tingkat kapasitasnya yang sedang. 2. Tujuan pengajaran fiqih adalah mengenalkan hukum fiqih kepada siswa dengan berpedoman pada Alqur'an dan Al hadist dan untuk dilaksanakan oleh siswa secara sadar serta dapat membawa siswa ke jalan yang benar serta mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui bimbingan guru dan orangtua. 3. Upaya peningkatan motivasi belajar siswa, guru fiqih melakukan beberapa kegiatan diantaranya. Diadakannya pembacaan ayat-ayat alqur'an terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.H.Khamim Zarkasih Putro M.Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3254

Actions (login required)

View Item View Item