PERANAN SYEKH ABDUL KARIM AMRULLAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG TRANSFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATRA BARAT TAHUN 1902-1932)

Jalaludin Sulaeman, NIM : 12120016 (2018) PERANAN SYEKH ABDUL KARIM AMRULLAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG TRANSFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATRA BARAT TAHUN 1902-1932). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN SYEKH ABDUL KARIM AMRULLAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG TRANSFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATRA BARAT TAHUN 1902-1932))
12120016_BAB-I_-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN SYEKH ABDUL KARIM AMRULLAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG TRANSFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATRA BARAT TAHUN 1902-1932))
12120016_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (876kB)

Abstract

Syekh Abdul Karim Amrulahadalah salah satu murid Syekh Burhanuddin. Dia sempat menimba ilmu di Mekah kepada Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi. Dia termasuk orang yang sangat memperhatikan masalah pendidikan. Sepulangnya dari Mekah, Syekh Abdul Karim Amrullah melihat kondisi pendidikan di kampung halamannya dalam keadaan memprihatinkan. Hal itu disebabkan karena faktor sekolah Belanda lebih diakui. Dengan bekal ilmu yang didapatkan di Mekah, dia merencanakan penerapan sistem pendidikan yang lebih formal. Peneliti memfokuskan kajian ini pada rumusan masalah sebagai berikut. Pertama Bagaimana kondisi pendidikan di Padang Panjang sebelum Syekh Abdul Karim Amrullah melakukan pembaharuan. Kedua, apa peranan dan pemikiran Syekh Abdul Karim Amrullah tentang pembaharuan pendidikan Islam di Padang Panjang. Ketiga, bagaimana pengaruh kepeloporan Syekh Abdul Karim Amrullah dalam pendidikan Islam di Padang Panjang dari 1902-1932. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pemikiran dan kontribusi Syekh Abdul Karim Amrullah dalam mengembangkan sistem pendidikan di Padang Panjang. Untuk mengkaji tema ini peneliti mencoba menggunakan teori peranan sosial Piter Burke yang mengatakan bahwa peranan sosial mempunyai pengaruh besar terhadap adanya perubahan dalam segala aspek kemasyarakatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis. Menurut Weber sosiologi dalam kajian sejarah bertujuan untuk memahami arti subjektif dari kelakuan sosial, bukan semata-mata menyelidiki arti objektifnya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Peneliti melihat peranan sosial yang dimainkan oleh Syekh Abdul Karim Amrullah. Dengan peranan serta ide-ide pembaharuan, Syekh Abdul Karim Amrullah telah melakukan perubahan-perubahan yang sangat signifikan terutama dalam bidang pendidikan. Perubahan tersebut meliputi: sistem pengajaran, kurikulum, metode pembelajaran, organisasi siswa dan kitab pegangan murid dan guru. Pada awalnya sistem pendidikan surau menggunakan model pengajran halaqah, kemudian mengalami transformasi menjadi sistem pendidikan modern dengan model klasikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Maryam, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Syekh Abdul Karim Amrullah, Pembaharuan Islam dan Pendidikan Islam
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Jan 2019 06:38
Last Modified: 18 Jan 2019 06:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32540

Actions (login required)

View Item View Item