KERJASAMA WALI KELAS DAN GURU BK DALAM MENGATASI SISWA BERMASALAH KELAS VIII D DI MTsN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

Zuhriah NIM. 04471218, (2009) KERJASAMA WALI KELAS DAN GURU BK DALAM MENGATASI SISWA BERMASALAH KELAS VIII D DI MTsN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bentuk kerjasama wali kelas dan guru BK di MTsN Godean dan faktor penghambat wali kelas dan guru BK dalam mengatasi siswa bermasalah kelas VIII D di MTsN Godean. Hasil dari penelitian ini diharapkan daapt mengetahui sejauh mana keberhasilan wali kelas dan guru BK dalam mengatasi siswa bermasalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTsN Godean Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis non statistik yaitu menafsirkan data-data yang diperoleh kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, bentuk-bentuk kerjasama wali kelas dan guru BK dalam mengatasi siswa bermasalah kelas VIII D di MTsN Godean meliputi; koordinasi, konsolidasi, preventif, kuratif, dan represif. Kerjasama ini dilakukan agar siswa yang bermasalah dapat diatasi sedini mungkin. Disamping itu dilakukan kerjasama dengan guru bidang studi, dan pihak lain. Kedua, adapun faktor-faktor penghambat dalam kerjasama yang dilakukan wali kelas dan guru BK dalam mengatasi siswa bermasalah kelas VIII D di MTsN Godean diantaranya adalah BK belum memiliki jam khusus di kelas, wali kelas kurang berkompeten dalam mengatasi siswa bermasalah, kurangnya komunikasi antara wali kelas dan guru BK, wali kelas belum mempunyai program khusus dalam membimbing kelas yang diasuhnya. Selain itu kurangnya kesadaran dari diri siswa sendiri. Dari semua kerjasama yang telah dilakukan wali kelas dan guru BK dapat mengurangi siswa yang bermasalah walaupun ada beberapa siswa yang masih mengalami masalah. Hal ini tidak luput dari kesadaran dari diri siswa sendiri akan pentingnya pendidikan untuk masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Wali kelas, Guru Bimbingan Konseling, Siswa Bermasalah
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item View Item