ASPEK-ASPEK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH SURAT LUQMAN AYAT 12-19)

M SHOHIB QOMARUDIN J K, NIM. 11470105 (2018) ASPEK-ASPEK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH SURAT LUQMAN AYAT 12-19). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASPEK-ASPEK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH SURAT LUQMAN AYAT 12-19))
11470105_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ASPEK-ASPEK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH SURAT LUQMAN AYAT 12-19))
11470105_BABII_SAMAPAI DENGAN SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas moral siswa, pendidikan seharusnya tidak hanya terfokus pada aspek IQ dan EQ saja. Aspek Spiritual Quotient (SQ) pun harus menjadi bahan pertimbangan para praktisi pendidikan dalam upaya mengembangkan potensi dan kemampuan siswa. SQ dapat dijadikan sebagai penyeimbang dari IQ dan EQ, sehingga selain menjadikan siswa menjadi cerdas secara akademis namun juga cerdas dalam berperilaku yang sesuai dengan norma- norma yang berlaku. Maka perlulah dikaji kembali mengenai aspek-aspek kecerdasan spiritual yang seharusnya disampaikan oleh guru kepada siswanya dengan berpedoman kepada kitab suci al-Qur’an yang memuat banyak konsep pendidikan yang ideal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penafsiran para ahli tafsir terhadap Q.S. Luqman ayat 12 – 19, aspek-aspek kecerdasan spiritual yang terkandung dalam Q.S. Luqman ayat 12 – 19, dan implementasi aspek-aspek kecerdasan spiritual dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca dan studi literature. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, interpretasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penafsiran para ahli terhadap Q.S. Luqman ayat 12 – 19 diantaranya mengandung pokok-pokok ajaran tentang perintah Allah serta wasiat Luqman kepada anaknya untuk bersyukur, mendirikan sholat, mengajak manusia untuk bertaqwa, bersabar, berbuat baik kepada orangtua, tidak bersikap sombong dan angkuh, serta bertutur kata yang lembut dan sopan; 2) Aspek-aspek kecerdasan spiritual yang terkandung dalam Q.S. Luqman ayat 12 – 19 diantaranya adalah dorongan untuk menyayangi sesama, mampu menguasai diri dari hawa nafsu, kreatif, peduli terhadap sesama, pandai bersyukur, pembimbing dan penyabar; 3) Implementasi aspek-aspek kecerdasan spiritual dalam dunia pendidikan diantaranya adalah dengan proses internalisasi nilai-nilai kecerdasan spiritual itu sendiri dengan cara: menginformasikan secara verbal kepada siswa, melibatkan siswa dalam kegiatan sosial yang positif dan guru sebagai teladan pada siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Jamroh Latief, M. Si
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kualitas Moral Siswa, Aspek-aspek Kecerdasan Spiritual, Hasil Penelitian
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Jan 2019 09:10
Last Modified: 21 Jan 2019 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum