HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PELAKSANAAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KESTABILAN EMOSI REMAJA AKHIR DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG

HERNAWAN, NIM : 10710097 (2018) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PELAKSANAAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KESTABILAN EMOSI REMAJA AKHIR DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PELAKSANAAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KESTABILAN EMOSI REMAJA AKHIR DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG)
10710097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PELAKSANAAN SHALAT TAHAJUD DENGAN KESTABILAN EMOSI REMAJA AKHIR DI SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG)
10710097_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Sejak dulu hingga saat ini, setiap pribadi manusia memiliki permasalahan kehidupan. Sederhana atau rumit, ringan atau berat, setiap manusia pasti akan merasakan. Hal ini sudah menjadi sunnatullah dalam kehidupan manusia. Kestabilan emosi menggambarkan kondisi kematangan emosi atau jiwa seseorang dalam menghadapi keadaan yang berubah-ubah dengan reaksi yang tepat dan cepat, baik secara teknis maupun non teknis. Emosi yang nampak sangat dipengaruhi oleeh kepekaan seseorang dalam menghadapi situasi tertentu. Individu dalam keadaan emosi yang stabil lebih mempunyai kemampuan untuk mengendalikan emosinya terhadap rangsangan yang bersifat emosional, seperti ditinggal pergi oleeh orang yang dicintainya, sehingga individu tidak mengekspresikan emosinya secara beerlebihan. Hal senada juga dikemukakan oleh Budiardjo, bahwa kestabilan emosi adalah kemampuan untuk mengendalikan tanggapan-tanggapan emosional seseorang. Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa kestabilan emosi adalah Suatu kondisi emosi yang tetap, tidak mudah berubah, tidak labil, memiliki kontrol emosi yang baik dan tidak mudah mengalami gangguan emosional dan mampu mengendalikan emosi secara tepat ketika menghadapi kondisi yang menyenangkan ataupun ketika menghadapi masalah dalam hidup. Sehingga seseorang dapat berfikir dan bertindak secara wajar dan tidak berlebihan dalam mengekspresikan emosi dan memperoleh keadaan yang seimbang antara psikis dan fisik walaupun dihadapkan pada tekanan hidup baik yang ringan atau yang berat. Dengan demikian seseorang dapat mengontrol dan mengarahkan tingkah lakunya dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Miftahun Ni’mah Suseno, S.Psi, Psi., MA,
Uncontrolled Keywords: Shalat Tahajud, kestabilan emosi smk shubanul wathon magelang
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:31
Last Modified: 21 Jan 2019 03:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32569

Actions (login required)

View Item View Item