KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI PREDIKTOR KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA MAHASISWA YANG BERUSIA REMAJA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NUR AYU SEFTIANI, NIM: 11710023 (2018) KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI PREDIKTOR KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA MAHASISWA YANG BERUSIA REMAJA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI PREDIKTOR KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA MAHASISWA YANG BERUSIA REMAJA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11710023_ BAB-I,BAB -V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI PREDIKTOR KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA MAHASISWA YANG BERUSIA REMAJA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11710023_BAB-II-ABAB_III-BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Mahasiswa yang berusia remaja (17 – 18 tahun) berada pada tahun pertama perkuliahan. Suatu keadaan yang dianggap penuh dengan stressor dan tekanan. Mahasiswa remaja yang tidak dapat mengatasi berbagai masalah tersebut akan lebih rentang terhadap depresi dan timbulnya berbagai emosi negatif. Keadaan ini dapat menyebabkan individu merasa tidak bahagia dan tidak puas terhadap kehidupannya sehingga akan mmpengaruhi kesejahteraan mahasiswa remaja tersebut. Dengan dimilikinya kecerdasan spiritual yang baik, akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prediksi kesejahteraan subjektif melalui kecerdasan spiritual. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa yang berusia remaja (17&18 tahun) di UIN Sunan Kalijaga yang berjumlah 116 (N=116) Mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan incidental sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu modifikasi skala Kesejahteraan Subjektif Utami (2008) dan skala Kecerdasan Spiritual Khalqi (2017). Metode analisis data menggunakan teknik statistik analisis regresi untuk melihat prediksi satu variable bebas terhadap satu variabel tergantung. Hasil analisis regresi menunjukkan kecerdasan spiritual dapat memprediksi kesejahteraan subjektif mahasiswa dengan nilai signifikansi p = 0,003 (p < 0,005). Artinya bahwa hipotesis yang menyatakan kecerdasan spiritual dapat menjadi prediktor kesejahteraan subjektif diterima. Diketahui pula sumbangan efektif kecerdasan spiritual dalam memprediksi kesejahteraan subjektif sebesar 7,03 % (Rsquare = 0,0703).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Benny herlena, S.Psi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Kesejahteraan Subjektif, Mahasiswa Remaja
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:29
Last Modified: 21 Jan 2019 04:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32575

Actions (login required)

View Item View Item