DINAMIKA MASYARAKAT DESA BANGAK KECAMATAN BAYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TERHADAP PEMBANGUNAN JALAN TOL RUAS SOLO-BOYOLALI

FATHUROSY YUSTISIAWAN NI, NIM. 14720042 (2018) DINAMIKA MASYARAKAT DESA BANGAK KECAMATAN BAYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TERHADAP PEMBANGUNAN JALAN TOL RUAS SOLO-BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA MASYARAKAT DESA BANGAK KECAMATAN BAYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TERHADAP PEMBANGUNAN JALAN TOL RUAS SOLO-BOYOLALI)
14720042_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA MASYARAKAT DESA BANGAK KECAMATAN BAYUDONO KABUPATEN BOYOLALI TERHADAP PEMBANGUNAN JALAN TOL RUAS SOLO-BOYOLALI)
14720042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur adalah salah satu cara untuk meningkatkan pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi dimulai dari hulu ke hilir agar dapat dilakukan secara merata dan menyeluruh. Oleh karena itu perlu didukung dengan sarana prasarana yang memadahi. Namun untuk mencapai pembangunan ekonomi diperlukan masyarakat yang berpikiran rasional dan dapat menerima ilmu pengetahuan serta teknologi serta ide dan gagasan pembaharuan. Jika masyarakat menyadari pentingnya pembangunan ekonomi, terbuka dengan nilai dan hal-hal baru serta menerima ilmu pengetahuan dan teknologi maka salah satu syarat untuk menuju masyarakat modern telah dipenuhi dan transisi dari tahap ketahap tinggal menunggu waktu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahapan embangunan oleh W.W. Rostow. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data melalui proses tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Bangak yang terkena pembangunan jalan tol, masyarakat Desa Bangak yang tidak terkena pembangunan jalan tol dan perangkat Desa Bangak. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dinamika masyarakat Desa Bangak terhadap pembangunan jalan tol ruas Solo-Boyolali. Dinamika yang muncul disebabkan oleh keadaan yang dialami sebelum jalan tol dibangun, saat proses pembangunan jalan tol berlangsung dan setelah jalan tol selesai dibangun. Ada empat dinamika yang terjadi yaitu dinamika tanggapan dan respon, dinamika sosial antar masyarakat Desa Bangak, dinamika ekonomi setelah jalan tol dibangun dan manfaat serta kekurangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Pembangunan Jalan Tol
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jan 2019 01:13
Last Modified: 22 Jan 2019 01:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32591

Actions (login required)

View Item View Item