KEHIDUPAN 3 BURUH PEREMPUAN INDUSTRI GARMEN DI DUKUH KERMIRI, DUKUH TLOGORANDU, KECAMATAN JUWIRING, KABUPATEN KLATEN

MOHAMMAD NA’IM YASIN, NIM. 14720020 (2018) KEHIDUPAN 3 BURUH PEREMPUAN INDUSTRI GARMEN DI DUKUH KERMIRI, DUKUH TLOGORANDU, KECAMATAN JUWIRING, KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEHIDUPAN 3 BURUH PEREMPUAN INDUSTRI GARMEN DI DUKUH KERMIRI, DUKUH TLOGORANDU, KECAMATAN JUWIRING, KABUPATEN KLATEN)
14720020_BAB_BAB 1_BAB V DAN DFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEHIDUPAN 3 BURUH PEREMPUAN INDUSTRI GARMEN DI DUKUH KERMIRI, DUKUH TLOGORANDU, KECAMATAN JUWIRING, KABUPATEN KLATEN)
14720020_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan industrialisasi telah menjadi sarana untuk menanggulangi ketimpangan dan ketiakadilan. Manusia tidak akan terlepas dari rasa keinginan untuk mengembangkan dirinya, demikian dengan perempuan. Perempuan menginginkan perbaikan baik dirinya maupun keluarganya. Selama ini masih terdapat pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan, dapat dilihat bahwa perempuan bertanggung jawab atas pekerjaan rumah sedangkan laki-laki bertanggung jawab dalam mencari nafkah. Pola pembagian kerja seperti itu dapat menimbulkan kurang berkembangnya perempuan. Benturan dapat terjadi apabila perempuan menginginkan perubahan di dalam keluarganya. Perempuan dihadapkan dengan dua peran sekaligus, yaitu peran domestik dan publik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana pembagian kerja yang dilakukan oleh buruh perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pembagian Kerja Seksual yang dikemukakan oleh Arief Budiman. Pembagian Kerja Seksual merupakan pola pembagian kerja antara suami dan istri yang didasari oleh sikap saling memahami dan saling mengerti, sehingga tujuan bersama dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan subyek penelitian pemilihan akan menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Data yang diperoleh telah melewati reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga buruh perempuan melaksanakan pembagian kerja seksual di dalam keluarga. Anggota keluarga dari ketiga buruh perempuan saling mengerti dan saling memahami pentingnya memenuhi kebutuhan keluarga, sehinga saling mengisi satu sama lain. Pembagian kerja dapat berhasil dikarenakan terdapat beberapa faktor. Pertama, terdapat kerjasama yang dilakukan antara perempuan yang memiliki peran ganda dengan anggota keluraga. Kedua, pihak pabrik berkontribusi dengan memberikan kebijakan yang berpihak kepada perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos., M.si
Uncontrolled Keywords: Kehidupan buruh perempuan, Ibu Bekerja, Pembagian Kerja Seksual
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jan 2019 09:49
Last Modified: 22 Jan 2019 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32593

Actions (login required)

View Item View Item