KEBERAGAMAAN MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN STUDI KONVERSI DAN APOSTASI AGAMA MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN GONTOR DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (GORDUKA)

MERLIANA PUJI RAHAYU, NIM. 14520005 (2018) KEBERAGAMAAN MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN STUDI KONVERSI DAN APOSTASI AGAMA MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN GONTOR DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (GORDUKA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBERAGAMAAN MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN STUDI KONVERSI DAN APOSTASI AGAMA MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN GONTOR DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (GORDUKA))
14520005_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEBERAGAMAAN MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN STUDI KONVERSI DAN APOSTASI AGAMA MAHASISWA ALUMNI PONDOK PESANTREN GONTOR DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (GORDUKA))
14520005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Keberagamaan Mahasiswa Alumni Pondok Pesantren Studi Konversi dan Apostasi Agama Mahasiswa Alumni Pondok Pesantern Gontor di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (GORDUKA), merupakan penelitian lapangan yang lebih memfokuskan pada tingkat perubahan religiusitas mahasiswa Gorduka. Perubahan keberagaman yang dikaji dalam penelitian ini yaitu tentang perubahan tingkat religiusitas dalam dua sisi. Pertama yaitu konversi agama (peningkatan religiusitas) dan yang kedua yaitu apostasi agama (penurunan religiusitas). Penelitian ini mengkaji tentang perubahan keberagamaan (konversi dan apostasi agama) yang terjadi pada mahasiswa Gorduka (mahasiswa alumni Gontor di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Objek penelitian sendiri berada pada pola dan lingkungan hidup yang bertolakbelakang dengan kehidupan mereka semasa di pondok pesantren dulu. Dalam melakukan kajian skripsi ini, peneliti tidak keluar dari dua rumusan masalah, yaitu: 1) bagaimana perubahan keberagamaan yang terjadi pada mahasiswa Gorduka, 2) apa faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan keberagamaan mahasiswa Gorduka. Dengan demikian kajian dalam skripsi ini bertujuan menjawab dua rumusan masalah yang telah dirumuskan di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi agama khususnya teori tentang konversi agama dan apostasi agama. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif-kualitatif dengan prosedur reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, perubahan keberagamaan mahasiswa Gorduka ada dua jenis, yaitu konversi agama dan apostasi agama. Kedua perubahan keberagamaan agama tersebut melalui proses tahapan jiwa dan mengalami proses perubahan secara bertahap. Kedua, perubahan keberagamaan yang dialami oleh para mahasiswa Gorduka disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan, pertemanan, ekonomi, dan individu. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi mahasiswa Gorduka dari segi positif maupun negatif. Hingga mahasiswa Gorduka mengalami dua jenis perubahan keberagamaan yaitu konversi agama dan apostasi agama. Perubahan yang terjadi pada dasarnya kembali pada setiap masing-masing individu, maka adanya ketegasan dalam bersikap harus dapat diterapkan, agar tidak terlampau jauh mengalami perubahan kearah yang negatif. Mengingat Allah SWT dan perasaan dalam hati seseoranglah yang harus diperhatikan. Agar kehidupan yang dijalani menjadi tenang, damai, dan tentram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Perubahan, Konversi, dan Apostasi.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Jan 2019 10:07
Last Modified: 22 Jan 2019 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32595

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum