RELASI MUSLIM DAN BUDDHIS (STUDI HUBUNGAN MAYORITAS MUSLIM DAN MINORITAS BUDDHIS DI PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN PASCA PEMERINTAHAN RAJA BHUMIBOL ADULYADEJ (2016))

MREIRFAN LUEBA, NIM. 14520013 (2018) RELASI MUSLIM DAN BUDDHIS (STUDI HUBUNGAN MAYORITAS MUSLIM DAN MINORITAS BUDDHIS DI PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN PASCA PEMERINTAHAN RAJA BHUMIBOL ADULYADEJ (2016)). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELASI MUSLIM DAN BUDDHIS (STUDI HUBUNGAN MAYORITAS MUSLIM DAN MINORITAS BUDDHIS DI PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN PASCA PEMERINTAHAN RAJA BHUMIBOL ADULYADEJ (2016)))
14520013_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (RELASI MUSLIM DAN BUDDHIS (STUDI HUBUNGAN MAYORITAS MUSLIM DAN MINORITAS BUDDHIS DI PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN PASCA PEMERINTAHAN RAJA BHUMIBOL ADULYADEJ (2016)))
14520013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana relasi antar umat Agama Islam dan Buddha di Patani pasca pemerintahan raja Bhumibol Adulyadej (2016) dan di Patani mayoritas umat Muslim bagaimana umat Muslim di Patani menyatukan dengan umat Agama Buddha demi untuk membangun kedamaian di wilayah Patani. Kajian ini penting karena penulis melihat bahwa sangat menarik sekali jika meneliti tentang relasi agama di Thailand yang berjumlah penduduknya sekitar kurang lebih dari enam puluh juta penduduk (menurut statistik sekarang) dan secara keseluruhan mayoritas pemeluk Agama Buddha, terkecuali di Patani yang berjumlah pemeluk Agama Islam lebih banyak dari pemeluk Agama Buddha. Namun, dengan keseluruhan di Thailand, umat mayoritas adalah umat Buddha yang menganut aliran Theravada, sekian banyak umat Buddha di Thailand pada mulanya sangat menentang dan menindas umat Islam akan tetapi dalam pemerintahan kerajaan Bhumibol Adulyadej beliau membangun sebuah kebijakan yang mengakibatkan kedamaian di antara masyarakat Muslim dan masyarakat Buddha sehingga dapat hidup berdampingan dalam masyarakatnya. Data penelitian skripsi ini dikumpulkan melalui observasi, wawancarai, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber tertulis seperti buku-buku, artikel, jurnal, majalah, dan sumber lainnya yang relevan dengan judul penelitian ini lalu dianalisis menggunakan teori integrasi sosial dalam pendekatan sosiologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah tanah Patani terbentuknya sejak berapa tahun yang lalu perkiraan pada abad ke-14 sehingga akhir abad 18, awalnya Patani merupakan kerajaan merdeka, namun sejak akhir abad ke-18 kerajaan ini ditaklukan oleh kerajaan Siam (Thailand) hingga saat ini. Setelah Patani disatukan dibawah kerajaan Thailand umat Patani memiliki kesusahan dalam asimilasi atau akulturasi dua budaya dan pada satu saat menimbul kelompokkelompok pembebas Patani sehingga berlakunya konflik dikarenakan pihak kerajaan tidak ingin memisah atau memberi kebebasan tanah Patani kembali. Walaupun demikian, konflik itu terjadi karena ketidakadilan terhadap umat Patani, namun, pada pemerintah raja Bhumibol Adulyadej beliau memberi kebebasan dalam menganut Agama dan membangun hubungan yang baik serta memberi perhatian terhadap umat Islam di Patani, akhirnya masyarakat Patani pasca pemerintahan raja Bhumibol Adulyadej dapat berkehidupan dalam kedamaian dan masyarakat Patani sendiri saling bantu-membantu jika masalah muncul. Berdasar temuan tersebut disimpulkan bahwa ada salah satu hubungan yang sangat baik dibalik kekerasan dan konflik tersebut yang dapat memberi kehidupan berdampingan seksama dalam masyarakat beraneka agama ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Singgih Basuki, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Hubungan antar Agama, Integrasi, Islam, Buddha
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Jan 2019 10:16
Last Modified: 22 Jan 2019 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum