STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA LULUSAN MI DAN SD TENTANG MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAM YOGYAKARTA

NUR ROHMI HAYATUN NIM. 04420883-03, (2009) STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA LULUSAN MI DAN SD TENTANG MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar Bahasa Arab siswa lulusan MI maupun SD MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta, dan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi minat belajar Bahasa Arab antara siswa lulusan MI dengan SD MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta.Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran Bahasa Arab pada umumnya Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menganalisa data tentang komparasi minat belajar Bahasa Arab siswa yang dilakukan di kelas II MTs Ngemplak Sleman Yogyakarta. Sehingga dengan penelitian ini diharapkan dapat menyajikan analisa komparasi secara detail mengenai kondisi tertentu dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas II baik yang berasal dari lulusan MI maupun lulusan SD yang berhubungan dengan minat belajar Bahasa Arab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, Interview (Wawancara), Angket, dan Dokumentasi. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan berpikir deduktif dan induktif, sedangkan untuk menganalisis data yang bersifat statis dengan menggunakan metode analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar Bahasa Arab antara siswa lulusan MI dengan lulusan SD ternyata lebih tinggi lulusan MI daripada lulusan SD yaitu dari hasil uji normalitas dan uji homogenitas, juga dari hasil table Group Statistik bahwa rata-rata hasil angket siswa lulusan MI = 70,7667 dan rata-rata hasil angket siswa SD = 60,9000, dengan mengacu pada 4 aspek yaitu, aspek motivasi, partisipasi, perhatian dan tanggapan, serta dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya minat keduanya. Adapun usaha-usaha yang dilakukan guru dalam membangkitkan belajar siswa di MTsN Ngemplak Skeman, yaitu : dengan membangkitkan akan adanya suatu kebutuhan, menghubungkan dengan persoalan pengalaman lampau, memberikan kesempatan untuk mendapatkan hasil, menggunakan berbagai bentuk cara mengajar (mengajari metode yang mampu memberikan rasa senang kepada siswa dalam belajar Bahasa Arab), mengkaitkan atau menghubungkan pelajaran Bahasa Arab dengan pelajaran yang lain, serta memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca dan memahami teks-teks Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun M.Si
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Siswa, Minat Belajar, Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3260

Actions (login required)

View Item View Item