PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK PRA SEKOLAH DI KELOMPOK BERMAIN (PLAY GROUP) DAN TAMAN ASUH amp;#8216;AISYIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA

PUTRI SATYAHADI NIM. 03410028, (2009) PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK PRA SEKOLAH DI KELOMPOK BERMAIN (PLAY GROUP) DAN TAMAN ASUH amp;#8216;AISYIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Latar belakang dari penelitian ini adalah Kelompok Bermain (Play Group) dan Taman asuh amp;#8216;Aisyiyah Condongcatur adalah lembaga pendidikan formal yang dibina di bawah Yayasan amp;#8216;Aisyiyah Condongcatur untuk anak-anak usia pra sekolah dalam pembentukan perilaku keagamaan. Kelompok Bermain (Play Group) dan Taman asuh amp;#8216;Aisyiyah Condongcatur menerapkan sistem pendidikan yang Islami dengan Pembentukan prilaku dan moral agama, perilaku Islami dan pengembangan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik yang disesuaikan dengan kurikulum terpadu antara Diknas, Depag dan Taman al-Qur'an. Kelompok Bermain (Play Group) dan Taman Asuh amp;#8216;Aisyiyah Condongcatur telah mendapatkan kepercayaan besar dari masyarakat, hal ini terbukti dengan bertambahnya murid setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembentukan Perilaku Keagamaan Anak Usia Pra Sekolah di Kelompok Bermain (Play Group) dan Taman Asuh amp;#8216;Aisyiyah Condongcatur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) secara kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi guru, anak didik, kepala sekolah dan wali murid di Kelompok Bermain (Play Group) dan Taman Asuh amp;#8216;Aisyiyah Condongcatur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara mendalam yang bersifat terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Selain itu, pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Proses pembentukan perilaku keagamaan anak meliputi dimensi keyakinan, dimensi praktik dan dimensi pengetahuan agama. (2) Faktor penunjang keberhasilan pembentukan perilaku keagamaan di Kelompok Bermain (Play Group) dan Taman Asuh amp;#8216;Aisyiyah Condongcatur adalah metode belajar yang disampaikan menyenangkan sehingga anak bisa menghafal surat-surat pendek, do'a sehari-hari, serta bisa melakukan tata cara wudhu dan shalat. Anak juga selalu didik untuk menghormati guru, mengucap salam dan berjabat tangan dengan guru ketika masuk dan pulang sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Keagamaan, Pra Sekolah, Kelompok Bermain
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum