KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN PENITIPAN ANAK AISYIYAH BLAWONG TRIMULYO JETIS BANTUL YOGYAKARTA

YUNIFAH RETNAWATI NIM. 02411040, (2009) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN PENITIPAN ANAK AISYIYAH BLAWONG TRIMULYO JETIS BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Latar belakang penelitian adalah bahwa kreativitas guru amat penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak usia dini. Hal ini berkaitan dengan aspek-aspek yang perlu dikembangkan di antaranya aspek intelektual, aspek emosional, aspek sosial, aspek jasmani, aspek pergerakan (motorik), aspek estetik dan aspek moral. Dari aspek-aspek tersebut, aspek moral lebih banyak berasal dari agama. Maka di lembaga pendidikan anak usia dini dengan memberikan pendidikan agama kepada anak dan menanamkan nilai-nilai yang ada di dalamnya sedini mungkin akan sangat berpengaruh pada kehidupan anak di masa depan, terutama yang berkaitan dengan perilaku dan akhlak. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan termasuk pendidikan anak usia dini adalah guru. Karenanya dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini menuntut guru-guru yang terlatih dan mahir, dan kreatif sehingga keikutsertaanya akan dapat memperkaya kehidupan anak-anak didiknya (enrichment of life). Hal inilah yang terjadi di Taman Penitipan Anak Aisyiyah Blawong TPA yang dalam penyelenggaraan pendidikannya menjadikan Pendidikan Agama Islam sebagai pembelajaran utama bagi anak-anak didiknya. Mengingat sasaran pendidikan adalah anak usia dini maka kreativitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih menarik adalah mutlak diperlukan. Hal inilah yang menarik bagi penulis untuk menelitinya. Penelitian berpijak pada rumusan masalah mengenai bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TPA Blawong, bagaimana kreativitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasil yang dicapai sehubungan dengan kreativitas guru tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di TPA Aisyiyah Blawong Trimulyo Jetis Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan metode deduktif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TPA Aisyiyah Blawong meliputi: materi ibadah dan akhlak, metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, gambar, cerita, demonstrasi dan rekreasi, media yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam seperti gambar-gambar, gambar tata cara shalat, tata cara wudhu, doa-doa dan lainnya serta evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara pengamatan, tes lisan dan pemberian tugas. Adapun bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TPA Aisyiyah Blawong dapat diidentifikasi dalam bentuk antara lain kreativitas guru dalam upaya pengembangan tujuan, kreativitas guru dalam upaya pengembangan materi, kreativitas guru dalam upaya pengembangan metode,kreativitas guru dalam upaya pengembangan media pembelajaran dan kreativitas guru dalam upaya pengembangan evaluasi pembelajaran. Sementara hasil yang dicapai berkaitan dengan kreativitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu target TPA 90% sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas, Guru, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3262

Actions (login required)

View Item View Item