PERALIHAN SUPORTER MILIK PSS SLEMAN (STUDI PADA SUPORTER SLEMANIA YANG BERALIH MENJADI BRIGATA CURVA SUD DI DESA CONDONGCATUR DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA)

Chandra Buana Dewa, NIM. 11720007 (2018) PERALIHAN SUPORTER MILIK PSS SLEMAN (STUDI PADA SUPORTER SLEMANIA YANG BERALIH MENJADI BRIGATA CURVA SUD DI DESA CONDONGCATUR DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERALIHAN SUPORTER MILIK PSS SLEMAN (STUDI PADA SUPORTER SLEMANIA YANG BERALIH MENJADI BRIGATA CURVA SUD DI DESA CONDONGCATUR DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA))
11720007_BAB I_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERALIHAN SUPORTER MILIK PSS SLEMAN (STUDI PADA SUPORTER SLEMANIA YANG BERALIH MENJADI BRIGATA CURVA SUD DI DESA CONDONGCATUR DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA))
11720007_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Sebuah tim sepakbola lazimnya mempunyai sebuah kelompok suporter yang harusnya solid luar-dalam, sehingga dukungan yang mau diberikan kepada klub kesayangan itu utuh dan memberikan dampak sehingga pemain di lapangan bersemangat untuk bertanding. Namun apa jadinya jika satu tim sepakbola mempunyai 2 kelompok suporter dengan gaya mendukung yang berbeda. PSS Sleman merupakan salah satu tim yang mempunyai dualism suporter di Indonesia. Awal mula berdiri, terbentuklah Slemania sebagai suporter yang lebih tua, namun dualism terjadi setelah Brigata Curva Sud mulai terbentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti apa penyebab dualism, bagaimana cara Slemania mempertahankan anggotanya ditengah banyaknya supporter Slemania yang beralih menjadi anggota BCS, dan juga apa keunggulan BCS disbanding Slemania. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yakni peneliti mengumpulkan data, mengolah data, dan menganalisis data secara deskriptif, dengan tujuan bisa memperoleh data secara lebih mendalam tentang apa yang telah diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana peranan konflik, sehingga kedua kubu yang berseteru ini mau mengurangi ego mereka agar sama-sama mereka mendukung PSS Sleman meski dengan gaya yang berbeda namun tetap menjalin keakuran di stadion, meminimalisir kerusuhan. Konflik mwmbuat suatu perubahan yang bersifat radikal. Namun setelah konflik ada proses yang bisa membuat kubu-kubu yang berkonflik ini menjadi damai. Proses damai ini melalui proses musyawarah atau komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Zaenal Arifin, S.Ag., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Peralihan, Dualisme, Konflik, Suporter
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2019 01:25
Last Modified: 23 Jan 2019 01:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32622

Actions (login required)

View Item View Item