MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TUNANETRA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Yudi Hadi Wahana NIM. 05410002, (2009) MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TUNANETRA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya mahasiswa tunanetra masuk sebuah Perguruan Tinggi yang secara khusus menangani pendidikan untuk difabel. Namun dalam relitanya di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga banyak ditemui mahasiswa tunanetra yang sedang menempuh proses pembelajaran, padahal Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga bukanlah Fakultas yang secara khusus menangani mahasiswa difabel (Tunanetra). Oleh kerena itu perlu diadakan penelitian tentang motivasi mahasiswa tunanetra dalam belajar di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi apa yang melatarbelakangi mahasiswa tunanetra dalam belajar di Fakultas Tarbiyah, faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta gaya belajar mahasiswa tunanetra Fakultas Tarbiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaif, dengan mengambil lokasi di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menjadikan mahasiswa tunanetra sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptik analitik, yaitu menjabarkan dan menganalisis segala fenomena yang terjadi dari hasil penelitian yang diperoleh, baik fenomena itu bersifat alamiah maupun rekayasa manusia. Adapun untuk menganalisis data kualitatif digunakan pola pikir induktif, yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum.. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi kognitif, yaitu suatu pendekatan yang lebih menekankan tentang motivasi dari dalam diri sendiri, dalam hal ini adalah mahasiswa tunanetra Fakultas Tarbiyah. Kemudian digunakan teknik trianggulasi untuk membuktikan faliditas atau keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) motivasi belajar mahasiswa tunanetra Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga dapat di golongkan menjadi dua, pertama: motivasi intrinsik yang meliputi cita-cita dan minat untuk belajar, kedua: motivasi ekstrinsik yang meliputi dukungan keluarga, saran dari guru, teman-teman kamus yang peduli. 2) faktor yang pendukung mahasiswa tunanetra di perkuliahan adalah dosen yang sudah bisa mengajar dengan perspektif difabel (mahasiswa tunanetra), Adanya PSLD (Pusat Layanan Difabel) UIN Sunan Kalijaga, dan fasilitas komputer bicara. Sedangakn faktor penghambatnya adalah dosen yang belum bisa mengajar dengan perspektif difabel (mahasiswa tunanetra) dan minimnya literatur atau bahan bacaan untuk mahasiswa tunanetra. 3) Gaya belajar mahasiswa tunanetra yaitu Auditory dan kinesthetic, adapun cara mahasiswa tunanetra belajar adalah dengan cara mendengarkan dengan seksama dan mencatatnya, merekam, meminta file pada dosen terkait materi yang sudah disampaikan dan bertanya kepada teman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Mahasiswa, Tunanetra
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3263

Actions (login required)

View Item View Item