ANALISIS PROFITABILITAS KOPERASI ISLAM ASSIDDEEK DI SONGKHLA THAILAND SELATAN TAHUN 2015-2017

APDONHARIS YEEWANJI, NIM. 12240071 (2018) ANALISIS PROFITABILITAS KOPERASI ISLAM ASSIDDEEK DI SONGKHLA THAILAND SELATAN TAHUN 2015-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PROFITABILITAS KOPERASI ISLAM ASSIDDEEK DI SONGKHLA THAILAND SELATAN TAHUN 2015-2017)
12240071_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PROFITABILITAS KOPERASI ISLAM ASSIDDEEK DI SONGKHLA THAILAND SELATAN TAHUN 2015-2017)
12240071_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Koperasi Assiddeek di Songkhla Thailand merupakan salah satu koperasi yang bergerak dalam bidang pengelolaan keuangan, sejak berdirinya koperasi ini hingga pada tahun 2017 akhir koperasi ini dapat dikatakan sebagai salah satu koperasi yang sukses terlihat dari banyaknya antusiasme warga atau konsumen yang bergabung dalam koperasi Assiddeek di Songkhla Thailand ini, beberapa data menunjukkan bahwa pencapaian target terus meningkat atau profitabilitas yang tinggi. Profitabilitas merupakan bentuk terpenting dari pergerakan perusahaan, semakin besar profit yang di peroleh oleh perusahaan itu artinya semakin lama perusahaan tersebut bergerak dan berkembang. Begitu sebaliknya semakin kecil profit atau keuntungan di peroleh perusahaan dapat menjadi penentu cepat atau lambat nya perusahaan tersebut bergerak. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk deskripsi atau narasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu pimpinan, karyawan, dan nasabah Koperasi Assiddeek. Sedangkan objek penelitian ini adalah seluruh rangkaian kegiaan yang menyangkur profitabilitas Koperasi Assiddeek. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa analisa likuiditas yang mencakup current ratio dan quick ratio menunjukkan posisi likuiditas Koperasi Assiddeek pada tahun 2015 sampai tahun 2017 berada dalam keadaan yang kurang likuid karena mengalami perubahan yang tidak stabil atau berfluktuasi, analisa profitabilitas yang mencakup gross profit margin, net profit margin, return on investment, dan return on equity menunjukkan bahwa kondisi kinerja keuangan Koperasi Assiddeek pada tahun 2015 sampai dengan 2017 berada dalam keadaan yang kurang baik atau kurang profit. Hal ini berarti perusahaan atau manajemen kurang mampu dalam menghasilkan keuntungan pada tingkat penjualan, aset, dan modal saham. analisa solvabilitas yang mencakup debt ratio dan debt to equity ratio menunjukkan bahwa kondisi kinerja keuangan Koperasi Assiddeek pada tahun 2015 sampai tahun 2017 berada dalam keadaan yang kurang baik atau insolvable. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh koperasi dalam mencapai profitabilitas adalah melakukan melakukan bebera program sosial, budaya dan keagaamaan. Koperasi Assiddeek aktif dalam tanggap bencana dan kegiatan sosial hal iniselain mengalokan dana sesuai dengan fungsinya, sekaligus dijadikan alat untuk mempromosikan kepada seluruh elemen masyakat guna menarik minat untuk bergabung menjadi anggota di Koperasi Assiddeek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Koperasi Islam Assiddeek, Rasio Liquiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:16
Last Modified: 23 Jan 2019 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum