PENGARUH MENGIKUTI CERAMAH USTAZ ABDUL SOMAD LEWAT YOUTUBE “TAFAQQUH VIDEO” TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN IKATAN MAHASISWA BREBES SELATAN (KOMBES)

Atik Mukhtarul Khoer, NIM: 11210096 (2018) PENGARUH MENGIKUTI CERAMAH USTAZ ABDUL SOMAD LEWAT YOUTUBE “TAFAQQUH VIDEO” TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN IKATAN MAHASISWA BREBES SELATAN (KOMBES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENGIKUTI CERAMAH USTAZ ABDUL SOMAD LEWAT YOUTUBE “TAFAQQUH VIDEO” TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN IKATAN MAHASISWA BREBES SELATAN (KOMBES))
11210096_BAB I, V, DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENGIKUTI CERAMAH USTAZ ABDUL SOMAD LEWAT YOUTUBE “TAFAQQUH VIDEO” TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN IKATAN MAHASISWA BREBES SELATAN (KOMBES))
11210096_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Membicarakan tentang ceramah dan cara berdakwah era milenia pasti membuat kita berpikir tentang social media dan kecanggihan teknologi era milenia. Kemudahan menggunakan social media, share, mengirim dan menerima informasi membuat para pendakwah juga menggunakan social media untuk berdakwah, salah satunya Ustaz Abdul Somad yang juga menggunakan media Youtube untuk membagi informasi, berdakwah dalam hal-hal positif dan melakukan syiar agama. Dakwah merupakan kebutuhan psikologis bagi setiap orang, kesulitan mencari dan memahami ilmu keagamaan membuat banyak pengguna social media beralih menabah pengetahuan keagamaan, salah-satunya menggunakan social media sebagai media belajar. Meski memiliki penafsiran yang beragam dalam menerima informasi yang disebarkan, Ustaz yang juga ikut mesyiarkan ceramahnya di social media membantu mengurangi kesalahan beberapa orang dalam mengetahui agama secara mentah. Channel Youtube “Tafaqquh Video” merupakanchanel youtube besutan Ustaz Abdul Somad yang didalamnya terdapat videovideo ceramahnya dibebarapa daerah yang membahas mengenai fiqh, amalan sehari-hari dan banyak disukai oleh kalangan muda. Dalam video-video yang disebarkan lewat youtube tersebut Ustaz Abdul Somad membagi informasi-informasi postitif untuk menambah pengetahuan agama para followers-nya. Penelitian ini mengacu pada rumusan masalah ”Bagaimana pengaruh ceramah Ustaz Abdul Somad melalui Youtube terhadap pemahaman keagamaan anggota Ikatan Mahasiswa Brebes Selatan?” Jenis penelitian ini adalah kuantitatif diskriptif. Data diperoleh melalui video Ustaz Abdul Somad dalam “Tafaqquh Video”, dan meneliti 30 narasumber yang merupakan anggota ikatan mahasiswa Brebes Selatan. Diteliti juga menggunakan teori User and Gratification. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpuan bahwa menonton video ceramah Ustaz Abdul Somad dalam “Tafaqquh Video” tidak dapat mempengaruhi pengetahuan agama pemirsanya.Namun contoh yang diberikan Ustaz Abdul Somad seperti menghindari Riba dan menghindari perbuatan dosa dapat mempengaruhi narasumber untuk tidak mengulang perbuatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nanang Mizwar H S.Sos., M,Si
Uncontrolled Keywords: Ceramah, User and Gratification, Kuantitaif Diskriptif
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:03
Last Modified: 23 Jan 2019 07:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32659

Actions (login required)

View Item View Item