KERJASAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KLECO I KOTAGEDE

ULIDA MIFTAHUT TAUFIQOH NIM. 04420934, (2009) KERJASAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KLECO I KOTAGEDE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kerjasama antara guru dengan orang tua siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Kleco I dalam usaha mereka untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Kemudian, hasilnya diharapkan akan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi guru (khususnya guru bahasa Arab) dan juga orang tua siswa dalam usaha mereka demi meningkatkan prestasi belajar pelajaran bahasa Arab siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Wawancara ini penulis tujukan kepada Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab, Wali Kelas IV, Orang tua siswa, dan Siswa. Observasi yang penulis gunakan adalah observasi partisipan dan non partisipan terhadap kegiatan-kegiatan kerjasama antara guru dengan orang tua siswa yang keseluruhan berjumlah 28 wali dan juga pembelajaran bahasa Arab di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, baik dalam menganalisis dan memaknai data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kerjasama yang terjalin adalah secara formal organisatoris dan informal individual. Kerjasama secara formal organisatoris yang dilakukan antara lain; Dibentuknya komite sekolah sebagai fasilitator antara guru dengan orang tua siswa, mengadakan pertemuan antara guru dengan orang tua, case conference, pentas seni dan tutup tahun, mengadakan surat menyurat, mengadakan kunjungan ke sekolah bagi orang tua, mendirikan pekumpulan orang tua siswa. Sedangkan kerjasama secara informal individual dibagi menjadi dua, yaitu usaha kerjasama yang dilakukan guru dan usaha yang dilakukan orang tua. Kerjasama antara guru dengan orang tua perlu sekali dilakukan supaya tidak terjadi sinkronisasi antara pendidikan yang ada dalam keluarga dengan sekolah yang bisa mengganggu perkembangan psikologis dan pola pikir anak. Komunikasi yang terbangun antara keduanya semakin lancar yang menjadikan hubungan mereka pun semakin dekat. Sehingga, hal tersebut bisa membuat kepercayaan diri anak, keaktifannya bertanya dan mempraktikkan bahasa Arab dilingkungan sekolah pun bertambah pula. Dan semua itu mempengaruhi terhadap meningkatnya prestasi belajar bahasa Arab mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Radjasa Mu'tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Guru, Orangtua, Prestasi, Belajar, Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item View Item