MANAJEMEN PESANTREN SEBAGAI PUSAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI PESANTREN JOGLO ALIT, KARANGDUKUH, JOGONALAN, KLATEN, JAWA TENGAH)

SULASTRI, NIM. 14490030 (2018) MANAJEMEN PESANTREN SEBAGAI PUSAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI PESANTREN JOGLO ALIT, KARANGDUKUH, JOGONALAN, KLATEN, JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PESANTREN SEBAGAI PUSAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI PESANTREN JOGLO ALIT, KARANGDUKUH, JOGONALAN, KLATEN, JAWA TENGAH))
14490030_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PESANTREN SEBAGAI PUSAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI PESANTREN JOGLO ALIT, KARANGDUKUH, JOGONALAN, KLATEN, JAWA TENGAH))
14490030_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai tuntutan akan kebutuhan dan juga zaman yang kian modern dan juga kompetitif, pemberdayaan masyarakat merupakan masalah yang kompleks dihadapi oleh bangsa Indonesia, mulai dari aspek perekonomian, budaya maupun sosial. Program pemberdayaan masyarakat tentunya menjadi tanggung jawab dari semua pihak salah satunya yaitu lembaga pesantren. Di pondok Pesantren Joglo Alit selain sebagai wadah pembelajaran agama, pesantren juga sebagai wahana untuk memberdayakan masyarakat pedesaan. Dalam hal ini, peneliti bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen pesantren sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar pondok Pesantren Joglo Alit, Klaten, Jawa Tengah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen pesantren sebagai pusat pemberdayaan masyarakat melalui beberapa tahapan diantaranya perencanaan program pemberdayaan masyarakat yang meliputi penentuan program pemberdayaan masyarakat yang didasarkan pada need assesment dan problem analisis, tujuan program pemberdayaan masyarakat dan sasaran program pemberdayaan masyarakat yang melingkupi masyarakat desa karangdukuh yang rentan akan kebutuhannya. Pengorganisasian program meliputi pembagian kelompok dan jaringan mitra kerja. Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat terdiri dari penyadaran kepada masyarakat dan menggerakkan swadaya masyarakat yang meliputi program kelompok peternakan dan perikanan. Sedangkan evaluasi program pemberdayaan pesantren dilakukan rapat koordinasi setiap bulan sekali. (2) Hasil implementasi program pemberdayaan masyarakat dilihat dari segi bentuk kesadaran masyarakat mengalami kemajuan untuk mengikuti program kelompok sedangkan melalui kelompok swadaya masyarakat yang meliputi tingkat partisipasi kelompok dilihat dari segi modal sosial masyarakat melalui kegiatan gotong royong dan kehadiran rapat koordinasi cukup partisipatif sedangkan prosentase keaktifan kelompok yaitu 64,3% yang didomisili lima kelompok ternak. (3) Faktor pendukung pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di antaranya tingginya modal sosial masyarakat, semangat anggota kelompok, dukungan dari pemerintah desa, serta peran serta pondok pesantren. Sedangkan penghambatnya yaitu minimnya pendanaan dan permodalan, rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM), anggota kurang disiplin dan pasif, serta terdapat oknum luar yang masih kontra dengan program pemberdayaan pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Qowim, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pesantren, Pemberdayaan Masyarakat.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:30
Last Modified: 23 Jan 2019 07:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32664

Actions (login required)

View Item View Item