EFEKTIVITAS PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO JAWA TENGAH

ISNANI MUFLIKHAH, NIM. 14490035 (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO JAWA TENGAH)
14490035_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO JAWA TENGAH)
14490035_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan peneliti te program pemerintah yang diterapkan disekolah yaitu program se adiwiyata. Dari banyaknya kajian penelitian sebelumnya tentang pro sekolah adiwiyata peneliti belum menemukan adanya pembahasan pen efektivitas program adiwiyata yang dapat meningkatkan perilaku hidup siswa. Maka dari itu, kiranya pembahasan yang komprehensif te efektivitas program adiwiyata dapat meningkatkan perilaku hidup sehat sangat diperlukan. Salah satu sekolah yang menerapkan program ini SMA Negeri 5 Purworejo dengan tujuan untuk menggali informasi pengalaman SMA Negeri 5 Purworejo selama 3 tahun melaksanakan pro adiwiyata dan telah mendapat predikat sekolah adiwiyata tingkat Kabu Purworejo tahun 2016, sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah t 2017, dan sedang mempersiapkan menuju sekolah adiwiyata tingkat nasio Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek pene adalah Kepala sekolah, ketua pelaksana program, guru kelas, pe kebersihan dan siswa “Peduli Adiwiyata”. Teknik pengumpulan data d penelitian ini meliputi: wawancara in-depth interview, observasi dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Varibel dalam penelitian ini yaitu efektivitas pro sekolah adiwiyata untuk variabel utama dan perilaku hidup sehat me variabel kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan pro adiwiyata yang diterapkan di SMA Negeri 5 Purworejo tidak hanya te sekolah yang hijau sekolah yang bersih, meningkatkan perilaku hidup siswa. Pembiasaan-pembiasaan melalui program yang berkaitan de adiwiyata seperti bersih-bersih seluruh warga sekolah. Selain itu, tersedianya sarana prasarana berbasis lingkungan yang mampu meningk perilaku hidup sehat siswa dalam kegiatan pembelajaran. 2) Peran peserta dalam pelaksanaan program sekolah adiwiyata yaitu siswa diberi tang jawab untuk kelasnya masing-masing dan lingkungan kelas. 3) Pelaks program sekolah adiwiyata di SMA Negeri 5 Purworejo belum m meningkatkan perilaku hidup sehat siswa karena masih ada beberapa yang masih membuang sampah belum pada tempatnya dan belum mengerj piket kelas dengan jadwal yang sudah disusun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Program Sekolah Adiwiyata, Siswa Peduli Adiwiyata, Perilaku Hidup Sehat.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:40
Last Modified: 23 Jan 2019 07:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32667

Actions (login required)

View Item View Item