PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP MEDIA MASSA ONLINE

Mareta Rahmawati, NIM. 11210126 (2018) PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP MEDIA MASSA ONLINE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP MEDIA MASSA ONLINE)
11210126_BAB I, BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP MEDIA MASSA ONLINE)
11210126_ BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Sebelum media massa online berkembang pesat seperti saat ini,masyarakat massa hanya menggunakan media massa cetak maupun elektronik.Orientasi penggunaannya pun terbatas pada pencarian informasi hanya padawaktu dan ruang tertentu. Peneliti tertarik untuk mengamati keaktifan penggunamedia massa online saat ini. Dimana khalayak aktif dan penggunaan medianyaberorientasi pada tujuan yang cukup jelas.Dengan asumsi teori uses and gratification menunjukkan bahwa setiapindividu memiliki penilaian tersendiri terhadap media yang digunakan ataudiaksesnya. Media massa online yang tidak lepas dari genggaman (gadget)khalayak menjadi menarik untuk diketahui bagaimana pola penggunaan sekaligus kepuasan yang diperolehnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Analisis penelitian ini menggunakan bantuan SPSS untukmengolah data. Menggunakan pengukuran skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan,yakni selalu, sering, kadang-kadang, jarang, dan tidak pernah. Indikatorpenggunaan media massa online adalah frekuensi, intensitas, dan durasi.Kemudian indikator kepuasan dalam mengakses media massa online adalahinformasi, hiburan, identitas pribadi, lalu integrasi dan interaksi sosial.Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Rusunawa Projotamansari III sering bahkan selalu menggunakan media massaonline setiap hari. Mereka juga merasa terpenuhi kebutuhannya dalam halmendapat informasi dan hiburan ketika mengakses media massa online. Meskicukup banyak juga yang menyatakan kadang-kadang memperoleh kepuasan dalam dimensi identitas pribadi dan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: teori uses and gratification, penggunaan media, deskriptif kuantitatif,media massa online
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:48
Last Modified: 23 Jan 2019 07:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32669

Actions (login required)

View Item View Item