INTERFERENSI BAHASA ARAB PADA MAHĀRAH KALĀM DAN KITĀBAH PADA PONDOK PESANTREN PUTRI IBNU QOYYIM YOGYAKARTA. (Analisis Morfologi dan Sintaksis)

KUNHANIAH MABRUROH, NIM. : 1620510052 (2018) INTERFERENSI BAHASA ARAB PADA MAHĀRAH KALĀM DAN KITĀBAH PADA PONDOK PESANTREN PUTRI IBNU QOYYIM YOGYAKARTA. (Analisis Morfologi dan Sintaksis). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERFERENSI BAHASA ARAB PADA MAHĀRAH KALĀM DAN KITĀBAH PADA PONDOK PESANTREN PUTRI IBNU QOYYIM YOGYAKARTA. (Analisis Morfologi dan Sintaksis))
1620510052_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTERFERENSI BAHASA ARAB PADA MAHĀRAH KALĀM DAN KITĀBAH PADA PONDOK PESANTREN PUTRI IBNU QOYYIM YOGYAKARTA. (Analisis Morfologi dan Sintaksis))
1620510052_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Arabic language is one of the foreign languages that the teenage girls of santriwatis (the female students) in Pondok Pesantren Ibnu Qayyim Putri Yogyakarta have to speak it in every day. Though it has become habitual since being the rule for santriwatis, it will be often mistaken in the practices by the time they perform. Based on the phenomenon, this thesis attempts to portray the frequent interference of Arabic proficiency by santriwatis who particularly join at tenth class of scientific field (X IPA). The focus is on the two skills, that is, the writing and the speaking. In the cases, the main point of the work will try to trace what causing to emerge the executed mistakes by santriwatis. This work uses the qualitative approach to answer the research question. It has thus to involve the ways, viz. gathering, analysing, and further presenting the data. In related to the first, this paper gains the materials from the various sources such as the recording, the interview, the observation, the monologue in conversation (cakap muka), and the notes. In the following stage, the descriptive method will be used to elucidating the data, including especially the exercise of writing (insya’) and of speaking (muhadasah) by santriwatis, and further verifying the data is the last stage. In the results, this study reveals that the frequent mistakes or the interference of Arabic proficiency on the writing and the speaking skill by santriwatis X IPA of Pesantren Ibnu Qayyim Yogyakarta are phonologic, morphologic, and syntactic. While the fourteenth mistakes or the interference were precisely discovered on the writing exercise (Mahārah Kitābah), beyond these numbers there were the fortieth-three interference on the speaking exercise (Mahārah Kalām). Moreover, this study also demonstrates that santriwatis, who have the interference generally occured in Arabic practices particularly on the writing and speaking proficiency, were heavily influenced by virtue of what they seek to unify the native and Arabic language into one sense. That is clearly to say that santriwatis have performed by changing the sense of Arabic into the native language. This study is important for the other institutions in general and the teachers who lead in Pesantren Ibnu Qoyyim in particular, so that what the mistakes in grammatical language are continually occured for students may be decreased gradually. Key Word : Interference phonologic, morphologic, and syntactic. [INDONESIA] Bahasa Arab dalam pondok pesantren ini adalah salah satu bahasa Asing yang sudah menjadi bahasa pokok untuk digunakan. Bahasa pertama yang dimiliki oleh santriwati diduga menjadi pengaruh dalam bahasa produktif santriwati yang disebut dengan interferensi bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis Interferensi Bahasa Arab yang sering dilakukan oleh santriwati klas X IPA Pondok Pesantren Ibnu Qoyyim yogyakarta. Untuk mengetahui penyebab terjadinya interferensi. Pada penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik Rekaman, Wawancara, Observasi, Tehnik Cakap Semuka, Tehnik Catat. Pada tahap analisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif salah satunya untuk menelaah data berupa tugas insya‟ dan muhadasah santriwati yang telah ditemukan aspekaspek kebahasaan pada (terjadi Interferensi) yang dipengaruhi salah satunya oleh Bahasa pertama. Setelah di lakukannya pengumpulan data, data tersebut dianalisis menggunakan verivikasi data (penarikan kesimpulan kualitatif). Hasil yang telah diperoleh adalah interferensi yang terjadi pada santriwati Pondok Pesantren Ibnu Qoyyim yogyakarta, yang terkait dalam berbagai tataran kebahasaan baik morfologi, fonologi, sintaksis, leksikal, semantis. Peneliti memfokuskan pada interferensi yang terkait pada aspek bahasa saja yaitu aspek morfologi, fonologi dan sintaksis. Berdasarkan hal tersebut maka ditemukan iterferensi kalimat perintah pada Mahārah Kitābah dan Kalām yang sering dilakukan oleh santriwati yaitu sebanyak 14 interferensi Mahārah Kitābah dalam bahasa Arab, dan 43 Interferensi Mahārah Kalām yang sering di lakukan oleh santriwati klas X IPA Pondok Pesantren Ibnu Qoyyim yogyakarta. Berdasarkan data interferensi yang didapat oleh penulis terdapat beberapa faktor yang telah mempengaruhi interferensi bahasa Arab baik dalam Mahārah Kitābah dan Kalām yang sering digunakan oleh santriwati. Ditemukan bahwa faktor interferensi yang sangat signifikan dalam penggunaan bahasa Arab yaitu adanya penyamaan penggunaan bahasa Ibu dengan bahasa Arab itu sendiri. Kata kunci : Interferensi Fonologi, Morfologi dan Sintaksis

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Burdah, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Interferensi Fonologi, Morfologi dan Sintaksis
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jun 2019 09:23
Last Modified: 13 Jun 2019 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum