EFEKTIVITAS MEDIA DAKWAH PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @NUNUZOO DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Afifah Nur Hidayah Isnaini, NIM 14210042 (2018) EFEKTIVITAS MEDIA DAKWAH PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @NUNUZOO DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA DAKWAH PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @NUNUZOO DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14210042_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf - Updated Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA DAKWAH PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @NUNUZOO DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14210042_BAB-II_sampai_BAB-V.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat membuat beberapa orang memanfaatkannya untuk berbagai hal, tak terkecuali untuk berdakwah, seperti yang dilakukan Nurul Azka (pemilik akun Instagram @nunuzoo). Nurul Azka memanfaatkan Instagram sebagai media untuk erdakwah dengan konten video dakwah komedi. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan banyak pengguna Instagram yang mengikuti akunnya, termasuk mahasiswa KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui tingkat efektivitas dakwah dalam akun instagram @nunuzoo di kalangan mahasiswa KPI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk mengetahui tingkat efektivitas, penelitian ini menggunakan teori efektivitas milik Stewart L. Tubbs dan Silvia Moss dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2014-2016 yang menjadi followers akun Instagram @nunuzoo sebanyak 45 responden. asil penelitian menunjukkan angka 3,65, dimana angka tersebut masuk ke dalam kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa akun Instagram @nunuzoo efektif sebagai media dakwah di kalangan mahasiwa Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, media dakwah, followers, akun Instagram @nunuzoo.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2019 08:45
Last Modified: 23 Jan 2019 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32675

Actions (login required)

View Item View Item