STRATEGI GERAKAN ARUS INFORMASI SANTRI (AIS) JOGJA DALAM MENGGERAKKAN LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN

Siti Husnul Fauziah, NIM. 14210041 (2018) STRATEGI GERAKAN ARUS INFORMASI SANTRI (AIS) JOGJA DALAM MENGGERAKKAN LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GERAKAN ARUS INFORMASI SANTRI (AIS) JOGJA DALAM MENGGERAKKAN LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN)
14210041_BAB 1_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GERAKAN ARUS INFORMASI SANTRI (AIS) JOGJA DALAM MENGGERAKKAN LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN)
14210041_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berawal dari pesatnya perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi berdampak pula pada maraknya penggunaan media massa, khususnya mediasosial di internet. Namun sekarang ini banyak informasi yang disebarkan melaluimedia sosial yang justru berdampak buruk seperti kekerasan, pelecehan bahkaninformasi hoax. Oleh karenanya diperlukan adanya gerakan literasi media digital bagi setiap pengguna media sosial, khususnya santri pondok pesantren.Komunitas Arus Informasi Santri (AIS) Jogja merupakan sebuah komunitasdigital yang tebentuk atas inisiasi beberapa admin media sosial instagram yangberbasis pesantren juga beberapa portal media santri dan islam aswaja di tanah air. Melalui visi dan misinya “ Digitalisasi dakwah ahlussunnah wal jama’ah” ini,komunitas Arus Informasi Santri (AIS) Jogja mengajak para santri di pondokpesantren untuk berdakwah melalui media digital yang berhaluan ahlussunnahwal jama’ah untuk mewujudkan islam yang rahamatan lil ‘alamiin.Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategiKomunitas Arus Informasi Santri (AIS) Jogja dalam menggerakkan literasi mediadigital dan tujuan literasi media digital bagi santri pondok pesantren. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dalam pengumpulan datanyamenggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dikumpulkan, dianalisis dan dicocokkan antara fakta dilapangan dengan teoriyang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi mediadigital bagi santri pondok pesantren di laksanakan dengan memberikan pelatihandan sosialisasi baik secara offline maupun online di akun instagram terkait mediadigital serta memfasilitasi berbagai kompetisi jurnalistik bagi santri dalam rangkamembangkitkan kesadaran kritis dan kreatifitas santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Rifa’i, M.Phil
Uncontrolled Keywords: Strategi, Literasi Media Digital, Santri Pondok Pesantren
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2019 15:53
Last Modified: 23 Jan 2019 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum