PROBLEMATIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASI (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Semarang)

Khafidlin, NIM. 1420011008 (2018) PROBLEMATIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASI (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Semarang). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASI (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Semarang))
1420011008_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASI (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Semarang))
1420011008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

In this study, researchers intend to provide an overview of the problematic interpersonal communication between librarians and users of circulation services at the Library Semarang of University. There are one formulations of the problem in this study, namely the problem of interpersonal communication between librarians and users of circulation services. This research is a qualitative descriptive study with a type of case study. Data collection methods used are interviews, observation, and documentation. Determining the data source is a positive sampling. Data analysis used in this study is referring to the concept of Milles & Huberman. The researcher analyzed the data from interviews by reducing the data, categorizing and synthesizing the reduction data. The next step is to look for trends from the interview data to then find conclusions from the emerging trends so that they can be learned. Based on the results of the study obtained results that illustrate the problems of interpersonal communication between librarians and users of circulation services in the Library Semarang of University occurs in an attitude of empathy, positive attitude, attitude of similarity, self-confidence, immediacy has been shown well. But not all librarians have demonstrated the attitude of providing interaction management and supportiveness. To improve librarian interpersonal communication in circulation services it is advisable to prepare and improve the quality of human resources through education and training in the fields of personality, communication, and library. Keywords: interpersonal communication, librarian, circulation services [INDONESIA] Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud memberikan gambaran problematika komunikasi interpersonal antara pustakawan dengan pemustaka pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Semarang. Terdapat satu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai problematika komunikasi interpersonal antara pustakawan dengan pemustaka pada layanan sirkulasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan sumber data adalah pusposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada konsep Milles & Huberman. Peneliti menganalisis data hasil wawancara dengan mereduksikan data, mengkategorisasikan dan mensintesisasikan data hasil reduksi. Langkah berikutnya mencari kecenderungan-kecenderungan dari data hasil wawancara untuk kemudian menemukan kesimpulan dari kecenderungan yang muncul sehingga dapat dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa gambaran problematika komunikasi interpersonal antara pustakawan dengan pemustaka pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Semarang terjadi pada sikap empati, sikap positif, sikap kesamaan, sikap percaya diri, kesegeraan sudah ditunjukkan dengan baik. Namun belum semua pustakawan menunjukkan sikap memberikan dukungan dan sikap pengelolaan interaksi. Untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pustakawan pada layanan sirkulasi disarankan menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan di bidang kepribadian, komunikasi, dan perpustakaan. Kata kunci: komunikasi interpersonal, pustakawan, layanan sirkulasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, pustakawan, layanan sirkulasi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Mar 2019 01:20
Last Modified: 18 Mar 2019 01:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32686

Actions (login required)

View Item View Item