PENYIARAN ISLAM DAN TOLERANSI BERAGAMA (STUDI TENTANG SIARAN KEAGAMAAN ISLAM PADA PROGRAM GEMA RAMADHAN TVRI YOGYAKARTA DI BULAN RAMADHAN TAHUN 2017)

Eka Nur Pratiwi, NIM. 13210080 (2018) PENYIARAN ISLAM DAN TOLERANSI BERAGAMA (STUDI TENTANG SIARAN KEAGAMAAN ISLAM PADA PROGRAM GEMA RAMADHAN TVRI YOGYAKARTA DI BULAN RAMADHAN TAHUN 2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYIARAN ISLAM DAN TOLERANSI BERAGAMA (STUDI TENTANG SIARAN KEAGAMAAN ISLAM PADA PROGRAM GEMA RAMADHAN TVRI YOGYAKARTA DI BULAN RAMADHAN TAHUN 2017))
13210080_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENYIARAN ISLAM DAN TOLERANSI BERAGAMA (STUDI TENTANG SIARAN KEAGAMAAN ISLAM PADA PROGRAM GEMA RAMADHAN TVRI YOGYAKARTA DI BULAN RAMADHAN TAHUN 2017))
13210080_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia banyak kasus-kasus bermunculan yang berkaitan dengan toleransi beragama. Kekerasan terjadi karena agama. Agama menjadi penyebab utama dari konflik antar agama tersebut. Konflik yang mengatasnamakan agama masih sering terjadi di sekitar kita hingga saat ini. Untuk menekan laju konflik tersebut, diperlukan untuk pelaksanaan dakwah. Dakwah tidak hanya dilakukan melalui lisan saja, akan tetapi juga melalui tidakan. Aktifitas dakwah yang maju akan membawa pengaruh terhadap kemajuan agama dan begitu pula sebaliknya, aktifitas dakwah yang lesuh akan membawa dampak mundur bagi perkembangan Islam. Penelitian ini berpusat pada Penyiaran Islam dan Toleransi Beragama pada Program Gema Ramadhan TVRI Yogyakarta tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyiaran Islam pada program Gema Ramadhan mengandung pesan Islam yang sangat kuat dan pesan tersebut bersifat ajakan. Didalam episode Gema Ramadhan tersebut mengandung unsur-unsur toleransi beragama yaitu mengakui hak setiap orang, menghargai keyakinan orang lain, agree in disagreement, saling mengerti, kesadaran dan kejujuran, serta jiwa falsafah Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Akhmad Rifai, M. Phil
Uncontrolled Keywords: Penyiaran Islam, Toleransi Beragama
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Jan 2019 09:33
Last Modified: 24 Jan 2019 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum