DAMPAK PEMBERLAKUAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PEMUSTAKA (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta)

Yuli Ibnu Darsana, NIM. 1420011032 (2018) DAMPAK PEMBERLAKUAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PEMUSTAKA (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PEMBERLAKUAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PEMUSTAKA (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta))
1420011032_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PEMBERLAKUAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PEMUSTAKA (Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta))
1420011032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan pemberlakuan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Universitas PGRI Yogyakarta dan perilaku pencarian informasi pemustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan sumber data adalah pusposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada konsep Mile & Huberman. Peneliti menganalisis data hasil wawancara dengan mereduksikan data yaitu menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu dan mengorganisasi data hingga kesimpulan-kesimpulan finalnya dapat ditarik dan diverifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa UPY siap untuk melaksanakan KPT mengacu KKNI. Tetapi pengajar belum kesemuanya melaksanakan pembelajaran sesuai ketentuan KPT mengacu KKNI. Perilaku pencacian informasi pemustaka (Dosen) dalam mendukung terlaksananya KPT mengacu KKNI, untuk memperoleh sumber informasi (literature) dalam mata kuliah adalah dengan 1) browsing lewat internet, 2) melalui perpustakaan untuk disediakan lewat anggaran atau meminjam koleksi buku yang sudah ada, 3) Ke toko buku untuk membeli sendiri. Media internet marupakan tempat pencarian yang paling didahulukan dari pada ke media yang lain, selanjutnya ke perpustakaan UPY. Pemustaka (mahasiswa), berkunjung ke perpustakaan UPY untuk memenuhi tuntutan tugas mata kuliah dan tuntutan pemenuhan informasi, media informasi yang dimanfaatkan adalah internet untuk mendapatkan journal dan perpustakaan untuk mendapatkan buku. Diharapkan dapat memberikan masukan pada UPY perihal pelaksanaan KPT mengacu KKNI dan kebijakan pengembangan sarana dan prasarana perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan pemustaka. Kata kunci Kurikulum Pendidikan Tinggi, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, perilaku pencaemuan informasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Pendidikan Tinggi, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, perilaku pencaemuan informasi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:23
Last Modified: 13 Jun 2019 02:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32696

Actions (login required)

View Item View Item