OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN KINERJA GUBERNUR DKI JAKARTA DI BBC.COM/INDONESIA PERIODE OKTOBER 2017-JANUARI 2018

Nur Fitriatus Shalihah, NIM. 13210021 (2018) OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN KINERJA GUBERNUR DKI JAKARTA DI BBC.COM/INDONESIA PERIODE OKTOBER 2017-JANUARI 2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN KINERJA GUBERNUR DKI JAKARTA DI BBC.COM/INDONESIA PERIODE OKTOBER 2017-JANUARI 2018)
13210021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN KINERJA GUBERNUR DKI JAKARTA DI BBC.COM/INDONESIA PERIODE OKTOBER 2017-JANUARI 2018)
13210021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Objektivitas merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi oleh wartawan dalam membuat berita. Media gencar memberitakan kinerja dari suatu pemerintahan baru pada 100 hari pertama. Namun objektivitas masih menjadi hal yang sulit diwujudkan oleh media. Penelitian ini berusaha menjawab bagaimana objektivitas pemberitaan kinerja Gubernur DKI Jakarta di bbc.com/indonesia periode Oktober 2017-Januari 2018. Terdapat 16 buah berita yang diteliti. Berita yang diteliti merupakan berita tentang kinerja Gubernur DKI Jakarta mulai tanggal 16 Oktober 2017 sampai 24 Januari 2018 atau 100 hari kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif. Sedangkan teori yang digunakan adalah objektivitas Westerstahl dengan unit analisis: Faktual (Factualness), Akurasi (Accuracy), Equal or Proportional Access (Cover Both Sides), Even-Handed Evaluation, Sensasionalism, Stereotypes, Juxtaposition, dan Linkages. Setelah peneliti melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan berdasarkan dimensi factuality, hanya aspek Akurasi yang dipenuhi BBC News Indonesia, sedangkan aspek Faktual tidak terpenuhi. Sehingga dapat disimpulkan, berita tentang kinerja Gubernur DKI Jakarta di bbc.com/indonesia Periode Oktober 2017-Januari 2018 lebih banyak disusun dengan menggunakan opini atau interpretasi subjektif daripada menggunakan fakta. Meski begitu, fakta yang ada telah dikonfirmasi atau di-check and re-check. Berdasarkan dimensi impartiality, BBC News Indonesia tidak netral dalam penyajian berita tentang kinerja Gubernur DKI Jakarta, karena dalam pemberitaannya cenderung memuat unsur-unsur sensasionalism, juxtaposition, dan linkages. Mengenai keseimbangan, berita tentang kinerja Gubernur DKI Jakarta mayoritas diberitakan dengan cara multi sisi, sehingga memenuhi aspek Equal or Proportional Access atau Cover Both Sides. Namun, berita tentang kinerja Gubernur DKI Jakarta tidak memenuhi aspek Even-Handed Evaluation, karena berita cenderung negatif dan tidak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: objektivitas Westerstahl, analisis isi kuantitatif, kinerja Gubernur DKI Jakarta
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Jan 2019 09:56
Last Modified: 24 Jan 2019 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum