HUBUNGAN ANTARA MENONTON FILM “AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA” DENGAN PERSEPSI TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SMP N 1 PRAMBANAN

TRI AMANAH, NIM. 13210016 (2018) HUBUNGAN ANTARA MENONTON FILM “AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA” DENGAN PERSEPSI TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SMP N 1 PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MENONTON FILM “AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA” DENGAN PERSEPSI TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SMP N 1 PRAMBANAN)
13210016_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MENONTON FILM “AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA” DENGAN PERSEPSI TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SMP N 1 PRAMBANAN)
13210016_ BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Film merupakan karya seni budaya yang merupakan perantara sosial dan media komunikasi massa yang dibuat berdasarkan kaidah sinematografi dengan atau tanpa suara dan dapat dipertunjukkan. Film mampu memberikan kontribusi pemahaman makna atau pesan tentang gambaran yang muncul berdasarkan dimensi-dimensi yang ada dalam lingkungannya. Pesan-pesan yang terdapat dalam film akan membekas dalam jiwa penonton, pesan itu akan membentuk karakter penonton dan mengubah perilaku. Salah satunya adalah film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara”. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara menonton film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” dengan persepsi tentang toleransi beragama pada siswa SMP N 1 Prambanan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori jarum hipodermik. Model ini memiliki asumsi bahwa komponen-komponen komunikasi (komunikator, pesan, media) amat perkasa dalam mempengaruhi komunikasi. Dan ada tiga komponen yang membentuk persepsi, yaitu objek yang dipersepsi, alat indra, dan perhatian. Dan suatu tanda persepsi toleransi beragama yaitu mengakui hak setiap orang, menghargai keyakinan orang lain, agree in disagreement, saling mengerti, kesadaran dan kejujuran, dan jiwa falsafah Pancasila. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 60 reponden dengan pembagian 30 reponden untuk kelompok eksperimen dan 30 reponden untuk kelompok kontrol yang diambil secara Cluster Sampling (Area Sampel). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara dengan analisis data menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil dengan posttest kelompok eksperimen menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan dengan taraf signifikan 0.000, yang mana didapatkan nilai signifikansi kurang dari 0.01 (0.000<0.01). Sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai signifikansi 0.062 (0.062>0.01). Artinya hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan menonton film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” dengan persepsi toleransi beragama pada siswa SMP N 1 Prambanan” diterima pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol hipotesisnya ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Alimatul Qibtiyah, S.Ag, M.Si, M.A, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton Film, Sikap Toleransi Beragama
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Jan 2019 03:21
Last Modified: 24 Jan 2019 03:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32701

Actions (login required)

View Item View Item