HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KODE ETIK DENGAN KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Titis Pratiwi, NIM. 1620010086 (2018) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KODE ETIK DENGAN KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KODE ETIK DENGAN KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
1620010086_BAB_I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KODE ETIK DENGAN KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
1620010086_BAB II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui seberapa baik pemahaman pustakawan terhadap kode etik pustakawan di Perpustakaan UGM Yogyakarta 2) mengetahui seberapa baik kinerja pustakawan di Perpustakaan UGM Yogyakarta 3) mengetahui adakah hubungan antara pemahaman kode etik dengan kinerja pustakawan di Perpustakaan UGM Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pustakawan di Perpustakaan UGM Yogyakarta yang menjadi anggota IPI berjumlah 45 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengukuran data menggunakan skala likert dengan rentan skala 4 alternatif jawaban. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data ada tiga tahap yaitu analisis data deskriptif menggunakan mean dan grand mean, uji korelasi menggunakan rumus korelasi product moment dan uji hipotesis dengan membandingkan antara r hitung dengan r tabel (r tabel sebesar 0,301 di dapatkan dari tabel r pada angka 43 dengan taraf signifikasni 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pemahaman pustakawan terhadap kode etik pustakawan di Perpustakaan UGM Yogyakarta yang menjadi anggota IPI berdasarkan perhitungan menggunakan rumus grand mean diperoleh hasil 3,15 yang tergolong baik 2) Kinerja pustakawan di Perpustakaan UGM Yogyakarta yang menjadi anggota IPI berdasarkan perhitungan menggunakan rumus grand mean diperoleh hasil 3,37 yang tergolong sangat baik 3) Terdapat hubungan yang positif antara pemahaman kode etik dengan kinerja pustakawan di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang menjadi anggota IPI dibuktikan dengan nilai r hitung yang positif yaitu 0,785 nilai tersebut juga menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara kedua variabel tergolong kuat yaitu berada pada interval 0,60-0,799. Dari hasil penelitian ada beberapa sub variabel yang perlu ditingkatkan yaitu pada variabel pemahaman kode etik pustakawan perolehan nilai terendah yaitu pada sub variabel hubungan dengan masyarakat dan variabel kinerja pustakawan pada sub variabel komponen kompetensi memperoleh nilai terendah. Untuk itu, pustakawan perlu meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat. Komponen kompetensi pustakawan terkait dengan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan harus selalu dikembangkan seiring dengan perkembangan yang ada sehingga kinerja pustakawan dapat lebih meningkat. Kata Kunci:Kode Etik, Kinerja, Pustakawan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Syifa’un Nafisah, M.T.
Uncontrolled Keywords: Kode Etik, Kinerja, Pustakawan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jun 2019 09:24
Last Modified: 13 Jun 2019 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32702

Actions (login required)

View Item View Item