DAMPAK KEPRIBADIAN PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN TEORI PERSONALITY PLUS FLORENCE LITTAEUR (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN HAMKA SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)

Nurrohmah Hidayah, NIM. 1620011012 (2018) DAMPAK KEPRIBADIAN PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN TEORI PERSONALITY PLUS FLORENCE LITTAEUR (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN HAMKA SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KEPRIBADIAN PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN TEORI PERSONALITY PLUS FLORENCE LITTAEUR (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN HAMKA SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR))
1620011012_BAB I_BAB IV_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KEPRIBADIAN PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN TEORI PERSONALITY PLUS FLORENCE LITTAEUR (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN HAMKA SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR))
1620011012_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi dampak kepribadian pemustaka dalam pemanfaatan perpustakaan. Tujuannya meneliti kepribadian, pemanfaatan perpustakaan dan Dampak Kepribadian Pemustaka dalam Pemanfaatan Perpustakaan Berdasarkan Teori Personality Plus Florence Littaeur di Perpustakaan HAMKA SD Muhammadiyah Condongcatur). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes kepribadian dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Dari pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab ketiga rumusan masalah yaitu:1. Tipe kepribadian pemustaka SD Muhammadiyah Condongacatur Sleman Yogyakarta dilihat dari teory personalty plus littaeur, dari 27 pemustaka dapat dilihat 7 pemustaka bertipe kerpibadian sanguinis, 6 pemustaka bertipe koleris, 4 sanguinis, dan 6 Plagmatic, 4 melangkolis. 2. Dari 12 informan yang diteliti hasil penelitian dapat dilihat bahwa pemanfaatan setiap masing-masing tipe kepribadian antara satu yang lainnya memiliki karakteristik pemanfaatan yang berbeda yang berdampak pada pemanfaatan perpustakaan. Karakteristik tersebut di pengaruhi oleh sikap, kebutuhan, cara pandang dari setiap karakteristik yang tiap individu dalam masing masing tipe kepribad ian 3. Dampak kepribadian pemustaka terhadap pemanfaatan perpustakaan di SD Muhammadiyah Condongcatur: a. Dampak kepribadian sanguinis yang dapat dilihat dari pemanfaatan perpustakaan yaitu pemustaka sanguinis yang suka membaca di perpustakaan, aktif dalam kegiatan perpustakaan seperti Pustakawan kecil, sukarela terhadap tugas yang diberikan guru dan antusiasme belajar yang tinggi. Selain memberikan dampak negative yaitu sering berbicara di perpustakaan, suka memaksakan kehendak. b. Dampak kepribadian koleris yang dapat dilihat dari pemanfaatan perpustakaan yaitu pemustaka koleris yang aktif dalam berbagai kegiatan perpustakaan atau luar perpustakaan, intensitas bacanya yang tinggi. Namun mempunyai kekurangan yaitu suka emosional. c. Dampak kepribadian melangkolis yang dapat dilihat dari pemanfaatan yaitu pemustaka melangkolis yang rajin, tertib dan teratur. Berbeda dengan tipe lainnya tipe melangkolis teratur dalam berbagai hal, misalnya ia selalu meletakkan buku atau apapun di tempatnya. Namun tipe melangkolis memiliki sifat pemalu. d. Dampak positif kepribadian plagmatic yang dapat dilihat yaitu ia mudah menyesuiakan diri dalam hal apapun. Namun ia malas hal tersebut berdampak pada pemanfaatan perpustakaan berupa pemustaka jarang membaca ataupun meminjam buku di perpustakaan. Kata Kunci: Kepribadian, Pemustaka, Pemanfaatan Perpustakaan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laugu, SS., M.A
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Pemustaka, Pemanfaatan Perpustakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:24
Last Modified: 13 Jun 2019 02:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32719

Actions (login required)

View Item View Item